Angkasa Pura 2

Di Tengah Sepi Penumpang, Sopir Taksi ini Dapat Berkah

KoridorKamis, 2 April 2020
IMG-20200402-WA0007

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Berprofesi sebagai supir taksi di tengah pandemi covid-19, untuk mendapatkan penumpang tentu tidaklah mudah.

Selain adanya saingan taksi online atau taksi daring aplikasi, juga berkurangnya mobilisasi masyarakat karena adanya kebijakan untuk tetap tinggal di rumah saja atau #dirumahsaja.

Ya, kebijakan itu memang positif untuk memutus pencemaran virus yang awalnya berasal dari Wuhan, China tersebut.

Seperti yang dialami Irmansyah. Pria asal Aceh ini sudah seharian menunggu penumpang atau nongkrong di pusat perbelanjaan modern di daerah Lebak Bulus, Jakarta. Namun dia  tidak mendapatkan penumpang satu orang pun.

Penghasilannya hanya diandalkan dari penumpang sehari-hari.

Beruntung sore itu dia bertemu seorang penumpang perempuan yang berbaik hati.

Yetty Handayani (@yettyhandayani) sang penumpang, dari akunnya tweeternya mengisahkan supir taksi tersebut.

“Namanya bapak Irmansyah usia 66th asal aceh utara. Si bapak ini supir taxi di carrefour di lebak bulus. Pas baru sampe disini aku bilang ke @mtiarassss bilang pulangny naik taxi aja ya jangan yg lain. Kasian liat bapaknya selalu nawarin ke pengunjung yang lewat didepan lobby,” tulis Yetty dalam twiternya.

IMG-20200402-WA0008

Pria itu sudah 37 tahun menjadi supir taxi, setiap hari dia harus mendapatkan uang setoran.

Yetty pun tergerak hatinya dengan membagikan kisahnya pertemuan mereka ke instagram pribadinya.

Melihat Irmansyah yang sudah tua dan berjalan dengan pincang, juga dengan keadaan sulitnya mendatakan rezeki, Yetty pun mencoba mencari empati dan simpati kepada folowernya untuk membantu pilot taxi tersebut.

Dengan dibantu bersama beberapa teman di instagramnya, mereka mulai saling membagikan postingan tentang kisah Irmansyah.

Yetty mengaku, awalnya dia tidak mengerti untuk melakukan pembukaan donasi melalui rekening. Alhasil dia terlebih dahulu mengosongkan rekeningnya di ATM, kemudian lalu mulai membagikan nomor rekeningnya ke medsos untuk kemudian mereka saling meneruskan.

Dalam unggahan donasinya yang dibagikannya melalui akun instagramnya Yetty berhasil mengumpulkan sejumlah uang.

“Gemetaran bgt aku saat ini, terharu sampe ga bisa bilang apa2 alhamdulillah sudah kekumpul sampai 8juta,” tulis @yettyhandayani

Selain dari followernya, sumbangan yang dia terima sebagian besar merupakan dari sahabat-sahabatnya yang terlebih dahulu ia kenal. Mereka saling membagikan postingan agar mendapat simpati dari banyak orang.

“Makasih banyak sahabat-sahabat aku makasih banyak atas bantuan& support kalian.. Jujur terharu banget..” kata Yetty.

“Jujur masih ga nyangka bgt di respon banyak sekali temen2 dan kaka yg berbaik hati, salah satuny adalah kak Zabilla, udh lama sekali aku follow kaka dan ga nyangka bisa di post kk kayak gini@zabillasoe. Berkah selalu buat kaka ya & beliau Pak Irmansyah,” tulis Yetty.

Bukan hanya sejumlah uang yang diterima supir Taxi Ekspress tersebut, semenjak postingannya dibagikan rupanya banyak yang merespon positif.

Penumpang taksi Irmansyah semakin ramai dan banyak orang dengan menyumbangkan berbagai macam keperluan untuk kebutuhan sehari-hari untuk menjalankan pekerjaan di tengah kebijakan jaga jarak aman untuk mengamankan dirinya dan penumpang dari penyebaran virus yang telah memakan ratusan ribu jiwa orang di dunia ini.

“Alhamdulillah masih ga nyangka sekali, Temen2 banyak sekali yang merespon baik ke beliau. Hari ini bapak dpt berbagai macam ada yg memberikan Gofood, Hand sanitizer, sembako dll:”) Terharu sekali aku sama kalian, berkah selalu amin amin!”

Tidak hanya sampai membuka donasi, Yetty pun kini sering mengunjungi Irmansyah ke rumahnya.

Dalam postingannya Yetty juga menceritkan bahwa, “Bapaknya selalu bilang jangan lupa bersyukur, sabar&tawakal
Semoga virus corona covid 19 ini segera berlalu. Amin.”

(fahmi).