Angkasa Pura 2

Pengumuman Kelulusan SNMPTN 2020 Dipublikasi Besok Pukul 13:00 WIB

Another News GaleriSelasa, 7 April 2020
Pengumuman SNMPTN bisa diakses publik melalui situs snmptn.ac.id dengan syarat mengisi data pribadi terlebih dulu.

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kelulusan Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 diumumkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) besok, Rabu (8/4). Peserta bisa mengetahui pengumuman SNMPTN dengan mengakses situs snmptn.ac.id.

“Data bisa diakses besok setelah pukul 13:00 WIB,” ujar Koordinator Humas LTMPT Anwar, Selasa (7/4). Anwar menjelaskan bahwa pengumuman resmi akan disampaikan pada pukul 09:00 WIB. Namun, data bisa diakses di situs resmi SNMPTN pada pukul 13:00 WIB. Nantinya siswa dan wali harus login dan mengisi data pribadi untuk mengakses data hasil SNMPTN.

Jadwal pengumuman hasil SNMPTN sendiri sempat diundur. Mulanya pengumuman disampaikan pada Sabtu (4/4). Lalu diundur menjadi Rabu (8/4) guna mengakomodir peserta SNPMTN dari para penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang baru dikeluarkan pemerintah pusat.

SNMPTN merupakan jalur masuk PTN yang dilakukan tanpa ujian tertulis. Acuan seleksi yang digunakan adalah nilai rapor dari semester satu sampai semester lima bagi SMA/MK/MA atau semester satu sampai tujuh bagi SMK.

Kuota siswa dari setiap sekolah yang dapat mengikuti SNMPTN bervariasi. Bagi sekolah berakreditasi A, kuota yang ditentukan 40 persen, akreditasi B sebanyak 25 persen dan akreditasi C sebanyak 5 persen.

Sedangkan bagi siswa yang tidak dapat mengikuti SNMPTN atau tidak lolos, bisa melanjutkan ke Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). (ds/sumber CNNIndonesia.com)