Angkasa Pura 2

Mulai Besok, Bus AKAP Dilarang Masuk Pukul 18.00 WIB

KoridorKamis, 9 April 2020
382020101243

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syarin Liputo mengatakan saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan diterapkan pada Jumat 10 April 2020.

Diterapkannya peraturan tersebut maka batas maksimal masuk angkutan umum dari luar Jakarta ke wilayah Ibu Kota adalah pukul 18.00 WIB.

Ia menyatakan, bakal mengingatkan kepada Kadishub di seluruh daerah agar bisa mematuhi kebijakan tersebut.

Seperti diketahui, jumlah penumpang kendaraan umum dan jam operasionalnya akan dibatasi selama PSBB diterapkan. Jam operasional dimulai dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

“Artinya kalau kita sudah tetapkan PSBB, itu artinya begitu ada angkutan umum yang mau masuk Jakarta di luar jam 18.00 otomatis tidak boleh,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (8/4/2020).

Saat ini, lanjut dia, pihaknya sudah koordinasi intens dengan para Kadishub dari Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Dirinya berharap daerah lainnya juga bisa mematuhi aturan yang berlaku.

“Kami intens koordinasi dan tentu kami berharap dengan koordinasi ini, seluruhnya melakukan rencana operasi angkutannya menyesuaikan dengan tujuan,” katanya.

Ia mengaku tak akan melakukan penyetopan operasional bus antarkota antarprovinsi (AKAP), selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan. Sebab, penyetopan transportasi umum dilarang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

“Pemerintah daerah wajib mengacu kepada ketentuan ini. Ketentuannya adalah tidak boleh ada penutupan, tidak boleh ada setop operasi,” pungkasnya. (dan/okezone.com)