Angkasa Pura 2

2 Dokter Senior Meninggal karena Virus Corona

Another NewsSenin, 13 April 2020
_111457366_62f18a0e-e101-462b-8655-a6ebed431524

Jakarta (BeritaTrans.com) – Kabar duka kembali menyelimuti dunia medis Indonesia. Dua orang dokter senior dr. Soekotjo Soerodiwirio dan dr. Sudadi Hirawan meninggal dunia usai positif Covid-19. Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Halik Malik mengatakan, keduanya merupakan dosen senior di perguruan tinggi ternama.

dr. Soekotjo Soerodiwirio, kata Halik, meninggal pada pukul 12.40 WIB, Jumat, 10 April 2020 di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung (RSHS).

“Sebelumnya dirawat cukup lama di RS yang sama sebagai pasien positif Covid-19,” terang Halik, Minggu (12/4).

Sementara dr. Sudadi Hirawab meninggal pagi tadi, Minggu, 12 April 2020 di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta. Halik menceritakan, sebelumnya Sudadi masuk ke Rumah Sakit Pondok Indah sebelum kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Persahabatan.

“Dirawat sekitar 10 hari sebagai pasien positif Covid-19,” terang Halik.

Halik mengaku tidak mengetahui dari mana keduanya terinfeksi Corona. Namun yang pasti, kedua sosok legenda ilmu kedokteran Indonesia itu sudah tak menangani pasien.

“Info yang diterima, keduanya sudah tidak menangani pasien,” katanya.

Halik juga mengungkapkan, keduanya berkecimpung dalam dunia akademis. dr. Soekotjo ada perintis ilmu radiologi di Universitas Padjajaran dan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Sementara dr. Sudadi sendiri adalah pengajar Kedokteran dan membina Prodi Spesialis Kedokteran Okupasi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

“Dua tokoh senior kedokteran yang wafat ini adalah perintis di bidang keilmuan masing-masing,” terangnya.

“Profesi dokter patut berduka karena kehilangan beberapa sosok penting dalam perjalanan sejarah kedokteran di Indonesia,” imbuh Halik. (lia/sumber:merdeka)