Angkasa Pura 2

2 Kru Kapal Pelni Bukit Raya Reaktif Covid-19, Dibawa ke Rumah Sakit Rujukan

DermagaSenin, 20 April 2020
KM-Kelud-553x400

JAkARTA (BeeitaTrans.com) – Berdasarkan hasil tes kesehatan 86 kru kapal Pelni Bukit Raya, sebanyak 84 kru dinyatakan negatif, san dua kru lainnya menunjukan hasil tes yang reaktif.

“Kini keduanya telah dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 untuk penanganan medis lebih lanjut,” jelas Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero), Yahya Kuncoro di Jakarta, Senin (20/4/2020)

Sebagai salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia, Pelnj bersama dengan KKP Tanjubg Priok dan dinas kesehatan setempat melakukan pengecekan kesehatan dan rapid diagnostic test (RDT) terhadap 86 orang kru kapal KM Bukit Raya yang tiba di Pelabuhan Tg. Priok, Jakarta, Senin pagi (20/4/2020) dari Pontianak, Sabtu (18/4/2020).

“Sebagai tindak lanjut atas pemeriksaan kesehatan, dua orang kru juga telah melakukan pemeriksaan swab,” ungkapnya.

Yahya menambahkan bahwa Manajemen akan terus memantau perkembangan kesehatan kru KM Bukit Raya terutama dua orang yang saat ini dirujuk ke rumah sakit dan akan menunggu hasil pemeriksaan swab keduanya.

KM Bukit Raya direncanakan akan melakukan karantina dan portstay di Pelabuhan Tg. Priok. Selama kapal menunggu di pelabuhan. Sesuai protokol pencegahan penyebaran Covid-19, sebanyak 84 orang kru KM Bukit Raya akan menjalani isolasi mandiri dengan dengan pengawasan yang ketat serta tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Selama pelaksanaan isolasi mandiri, Manajemen akan mengawasi pola aktifitas dan pola istirahat seluruh kru kapal. Kami juga akan menyediakan multivitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh ditengah situasi Covid-19,” ujar Yahya. (omy)