Angkasa Pura 2

Pesawat Tempur F-16 Belgia Dicegat 2 Jet Su-27 Rusia

Hankam KokpitSunday, 26 April 2020

MOSKOW (BeritaTrans.com) – Insiden terjadi di langit perbatasan Rusia ke Laut Baltik. Sebuah pesawat tempur F-16 Belgia terpaksa dicegat oleh dua jet tempur Su-27 milik Rusia, karena menggunakan kontrol wilayah dari Armada Baltik.

“Pada 24 April 2020, selama penerbangan terjadwal kru penerbangan Angkatan Laut Baltik di atas perairan netral Laut Baltik, target udara yang terbang menuju perbatasan negara Rusia terdeteksi menggunakan kontrol wilayah udara dari Armada Baltik,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilansir dari Sputnik, Sabtu (25/4/2020).

Distrik Militer Barat Rusia menambahkan bahwa kedua jet Sukhoi Su-27, yang mengambil penerbangan untuk mengangkut dan mengawal pesawat sebelum melintasi perbatasan negara, mengidentifikasi jet tempur F-16 itu sebagai milik Angkatan Udara Belgia oleh pengidentifikasi numerik pada pesawat eksterior pesawat.

“Penerbangan pesawat Rusia dilakukan sesuai dengan hukum internasional tentang aturan penggunaan wilayah udara,” tambah pernyataan itu.

Pertemuan antara pesawat Rusia dan negara anggota NATO telah meningkat baru-baru ini, dengan hingga 20 jet milik blok bentukan Amerika Serikat (AS) itu mendekati perbatasan negara itu setiap minggu. Pasukan pertahanan udara Rusia secara teratur memantau, menargetkan, dan melacak ratusan pesawat NATO yang beroperasi di dekat perbatasan, dan kadang-kadang mengirim jet tempur untuk mengawal pesawat militer asing menjauh dari wilayah udara Rusia. (lia/sumber:sindonews)