Angkasa Pura 2

Tesla Mulai Kirim Mobil, Elon Musk Pasang Badan Siap Ditangkap

Another News OtomotifRabu, 13 Mei 2020
tesla

CALIFORNIA (BeritaTrans.com) — Pabrik mobil Tesla California mengirimkan mobil baru, Selasa kemarin meskipun ada peraturan daerah yang melarang memulai kembali produksi. Pejabat setempat juga berusaha untuk bernegosiasi dengan perusahaan guna mempertimbangkan pembukaan pabrik pasca penutupan sebulan terakhir pasca pandemi Covid 19.

Dilansir nytimes.com, CEO Tesla Elon Musk mengatakan pabrik akan mulai beroperasi kembali meski melanggar kebijakan Pemerintah Distrik Alameda. Musk bahkan berani menantang otoritas untuk menangkapnya karena membuka pabriknya lagi. Aksi Musk ini didukung Presiden Donald Trump yang mengatakan California harus mengizinkan Tesla beroperasi kembali.

Tidak jelas berapa banyak mobil yang diproduksi Tesla. Tetapi terlihat banyak truk meninggalkan pabrik di kota Bay Area, Fremont mengangkut sedan baru dan kendaraan sport. Mobil-mobil baru juga diparkir di halaman di luar pabrik. Tempat parkir untuk karyawan juga penuh.

Kepala SDM Tesla untuk Amerika Utara, Valerie Workman, mengirim email kepada karyawan pada hari Senin mengatakan bahwa cuti mereka telah berakhir pada hari Minggu. Dia memberi tahu karyawan bahwa mereka akan dihubungi dalam waktu 24 jam tentang kapan harus kembali bekerja.

Sementara Direktur Regional untuk Layanan Perawatan Kesehatan Distrik Alameda Colleen Chawla, mengirim surat kepada Tesla yang mengatakan bahwa perusahaan itu melanggar perintahnya. “Kami berharap Tesla bisa seperti perusahaan lainnya yang juga telah diberitahu soal ketidakpatuhan ini. Sehingga tanpa perlu langkah-langkah penegakan hukum tambahan,” kata Ms. Chawla.

Pemerintah telah menerima rencana Tesla untuk membuka kembali pabrik dan pejabat berwenang masih meninjaunya. Pabrik adalah sumber utama pendapatan Tesla dan telah ditutup selama lebih dari sebulan. Pejabat daerah menyatakan ada kesepakatan memberikan izin bagi Tesa untuk membuka kembali pabrik pada 18 Mei.

Tetapi akhir pekan lalu, Tesla menggugat ke Pengadilan Distrik Amerika Serikat di San Francisco, dengan alasan bahwa kebijakan itu tidak konstitusional dan bertentangan dengan perintah Gubernur Gavin Newsom yang mengizinkan operasional pabrik di seluruh negara bagian.

Dalam emailnya, Ms. Workman mengatakan karyawan yang merasa tidak nyaman kembali bekerja dapat tinggal di rumah dengan cuti yang tidak dibayar. Mematikan sebuah bisnis untuk darurat kesehatan masyarakat tujuh minggu yang lalu, ternyata adalah hal yang cukup mudah. Dibuka kembali? Itu ternyata jauh lebih rumit.(fenty)