Angkasa Pura 2

Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi Sumbang 1 Ton Ikan untuk Tenaga Medis

Dermaga Kelautan & PerikananRabu, 20 Mei 2020
SAVE_20200520_221421

KEDIRI (BeritaTrans.com) – Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, memberikan bantuan sejumlah 1 ton ikan yang sudah dibekukan untuk tenaga kesehatan di RSUD Gambiran Kota Kediri.

Kepala Seksi (Kasi) Kesyahbandaran PPN Prigi, Kabupaten Trenggalek Abdul Iman mengemukakan ide menyumbangkan ikan ini bermula dari instruksi Presiden RI kepada Menteri Kelautan dan Perikanan yang kemudian diteruskan ke jajaran tingkat daerah untuk menggalakkan mengonsumsi ikan kepada masyarakat pada masa pandemi.

“Ikan akan meningkatkan imun tubuh. Kami punya ikan, makanya itu yang kami donasikan untuk nakes (tenaga kesehatan) Kota Kediri,” kata Abdul Iman setelah penyerahan bantuan ikan tersebut di Kediri, Rabu (20/5/2020)

Ia juga menegaskan, bantuan tersebut merupakan anggaran dari PPN Prigi, Kabupaten Trenggalek dan bukan mengambil dari dana APBN. Bantuan tersebut sengaja diserahkan untuk membantu konsumsi tenaga kesehatan di RSUD Gambiran, Kota Kediri.

Ia menambahkan jenis ikan yang disumbangkan berupa tongkol lisong atau rengis. Ada sejumlah 1 ton ikan yang sudah dibekukan dan seluruhnya dikemas dalam 100 boks, yang masing-masing boks berisi 10 kilogram ikan. Bantuan tersebut diambil dari hasil tangkap para nelayan dan ini merupakan wujud upaya PPN Prigi untuk menyerap hasil laut.

Pihaknya juga menambahkan, alasan memilih RSUD Gambiran Kota Kediri karena tenaga kesehatan membutuhkan imun kuat untuk berada di garis depan melawan COVID-19, sementara Kota Kediri jauh dari sumber ikan laut segar.

“Ini upaya kami untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat nelayan pada saat pandemi, sekaligus juga kampanye kepada masyarakat agar terus mengonsumsi ikan. Selain baik untuk imun tubuh, juga bisa menyerap hasil para nelayan,” ujar Abdul.

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berterimakasih banyak atas perhatian PPN Prigi, Kabupaten Trenggalek terhadap tenaga kesehatan di RSUD Gambiran Kota Kediri.

“Nakes ini garda terdepan, yang ditemui penyakit semua. Mau tidak mau tenaga medis harus makan bergizi, ikan ini protein tinggi,” Mas Abu, sapaan akrabnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kediri dr Fauzan Adima menambahkan, ikan itu nantinya juga akan disalurkan kepada tenaga medis lainnya di Kota Kediri selain di RSUD Gambiran Kediri.

“Nanti dari RSUD Gambiran akan kami salurkan ke tenaga medis di puskesmas dan rumah sakit lain yang juga menangani pasien COVID-19,” kata dr Fauzan Adima yang juga Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri. (amt/antaranews.com/foto:antara)