Angkasa Pura 2

Positif Covid-19, Kru Kapal Pesiar Amerika Diisolasi di RSUD Sumedang

Dermaga SDMRabu, 20 Mei 2020
_111436532_antarafoto-rapid-test-covid19-bekasi-260320-par-2

SUMEDANG (BeritaTrans.com) - Anak buah kapal (ABK) yang bekerja di Kapal Pesiar Miami, Amerika Serikat mudik ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat positif corona atau Covid-19.

Setibanya di Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang, ABK berinisial GM ini di test rapid dan hasilnya reaktif. Kemudian, dilanjutkan dengan test swab yang hasilnya positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman mengatakan, hasil swab test warga asal Kecamatan Ganeas ini diketahui hari ini, Selasa (19/5/2020).

“Setelah diketahui hasil rapid test reaktif, dilanjut dengan swab test dan hasilnya positif Covid-19,” ujar Dadang.

Dadang menuturkan, saat ini GM telah menjalani isolasi di RSUD Sumedang.

“Kami juga telah melakukan tracing di tempat asalnya di Kecamatan Ganeas. Untuk hasil swab test yang kontak erat dengan GM ada 7 orang. Hasilnya negatif,” tutur Dadang.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang Asep Tatang Sujana menyebutkan, tambahan satu pasien positif corona ini membuat kasus positif Covid-19 di Sumedang menjadi 11 kasus.

Sebelas warga positif Covid-19 itu berasal dari Kecamatan Sumedang Selatan 1 orang, Kecamatan Cimanggung 1 orang.

Selanjutnya, dari Kecamatan Buahdua 1 orang, Kecamatan Tomo 1 orang, Kecamatan Ganeas 1 orang, Kecamatan Ujungjaya 2 orang, dan Kecamatan Jatinangor 2 orang.

Asep menambahkan, dari 11 orang positif Covid-19 ini, 2 di antaranya telah sembuh.

“Dua orang yang sudah sembuh itu satu dari Kecamatan Darmaraja, dan satu pasien lagi yang tinggal di mess Kecamatan Jatinangor (Karyawan Kahatex),” kata Asep. (fhm/sumber kompas)