Angkasa Pura 2

KMN Mandala Tenggelam di Perairan Gili Ketapang

DermagaRabu, 27 Mei 2020
inewsid_kapal_tenggelam

PROBOLINGGO (BeritaTrans.com) – Kapal penyeberangan Probolinggo-Pulau Gili Ketapang, KMN Mandala, tenggelam di perairan Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Rabu (27/5/2020). Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, tujuh anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke daratan.

Informasi yang dihimpun, kapal tersebut hendak mengantarkan ikan hasil tangkapan nelayan ke Tanjung Tembaga Probolinggo. Namun, di tengah perjalanan kapal tenggelam. Beruntung, nahas ini diketahui nelayan lain dan dilakukan pertolongan.

Ketujuh ABK selamat langsung diangkut menggunakan kapal nelayan lain. Sedangkan bangkai KMN Mandala ditarik ke Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.

“Dugaan sementara karena kelebihan muatan. Akibatnya, lambung terlalu rendah dan air masuk,” kata Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Tembaga Probolinggo, Subuh fakkurrohman, Rabu (27/5/2020).

Sebab, saat kejadian kondisi cuaca sedang bagus. Tidak ada galombang tinggi atau angin kencang, sehingga arus juga tenang.

Subuh mengatakan, KMN Mandala seharusnya untuk memuat orang atau penumpang itu. Namun, dialihfungsikan menjadi kapal pengangkut ikan hasil tangkapan nelayan. “Kapal ini kapastitasnya 40 GT, tetapi, muatannya melebihi kapasitas,” katanya.

Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk memperhatikan aspek keselamatan saat berlayar. Mulai dari alat evakuasi, hingga kapasitas muatan. (lia/sumber:inews, foto: Hana Purwadi)