Angkasa Pura 2

Arus Logistik di Pelabuhan Sunda Kelapa Normal Sejak H+3 Lebaran

Dermaga Ekonomi & BisnisJumat, 29 Mei 2020
4292020135918

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Arus logistik berlangsung normal sejak tiga hari setelah Lebaran di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Kapal-kapal kargo dan kontainer antarpulau silih berganti berkunjung ke pelabuhan tertua di Indonesia tersebut.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sunda Kelapa, Ridwan Chaniago, mengemukakan kapal-kapal pengangkut berbagai komoditas bergerak normal.

“Selama pandemi Covid-19, trafik kapal menurun 20-30 persen. Kalau saat ini dikatakan arus kapal adalah normal, itu dibandingkan dengan sejak beberapa hari sebelum Lebaran,” jelasnya kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Jumat (29/5/2020).
429202014437
Kapal itu, dia mengungkapkan sebagian besar mengangkut bahan-bahan bangunan, alat rumah tangga dan makanan. Dari Sunda Kelapa, kapal menuju pelabuhan di Kalimantan dan Sumatera.

Sedangkan kapal pelayaran rakyat (pelra), mantan Kepala KSOP Talang Duku itu mengutarakan akan beroperasi normal nulai sekitar 8 Juni 2020.

Kapal-kapal kayu itu bergerak ketika pedagang antarpulau mulai menjalankan aktifitas. “Kalau pelra, biasnya mengangkut sembako dan tekstil,” jelas Ridwan.
4292020145057
Dalam konteks pencegahan penyebaran Covid-19, dia menjelaskan protokol kesehatan tetap dijalankan. “San perlu juga disampaikan bahwa kru kapal di pelabuhan ini memang tidak turun. Mereka tetap berada di kapal selama proses bongkar muat,” tuturnya.

Sedangkan kepentingan mengurus aspek administrasi, dia mengungkapkan dilaksanakan agen kapal. “Pada sisi lain, kami juga memberikan pelayanan terbaik berbasis digital,” cetusnya. (awe).