Angkasa Pura 2

Gunakan Kapal Laut, Ratusan Pekerja Migran Dipulangkan ke Daerah Asal

DermagaSabtu, 30 Mei 2020
20-40-57-pemeriksaan-kesehatan-dan-dokuman-pmi-pelabuhan-dwikora-dfg

PONTIANAK (BeritaTrans.com) – Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dipulangkan ke daerah asal melalui jalur laut.

PMI dipulangkan dengan menggunakan Kapal KM Darma Putra 9 dari PT Dharma Lautan Utama tujuan Pontianak-Semarang dari Pelabuhan Dwikora Pontianak, Sabtu (30/5/2020).

Dari data awal keberangkatan, terdapat 163 PMI yang akan diberangkatkan ke Semarang.

45 di antaranya merupakan PMI yang diantarkan oleh Dinas Sosial Kalbar dan 118 di antaranya merupakan PMI yang pulang secara mandiri.

Seluruh PMI yang akan diberangkatkan, wajib menjalani pemeriksaan Dokumen dari BP2MI, KKP, Dinas Sosial dan Pemeriksaan Kesehatan khususnya Covid-19 dengan Rapid Test sebelum memasuki area ruang tunggu Pelabuhan Dwikora Pontianak.

Bilamana di antara PMI yang mengikuti tes menunjukan hasil yang reaktif, maka PMI tersebut akan dipisahkan dan diperiksa ulang, kemudian dilakukan karantina secara mandiri.

Selain itu, bilamana dokumen dari para PMI tidak lengkap maka PMI pun tidak dapat diberangkatkan.

Manager Cabang PT. Dharma Lautan Utama Pontianak, Kacung Muhadi menyampaikan sesuai dengan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19.

Terdapat beberapa hal yang diterapkan kepada para penumpang, di antaranya melakukan cuci tangan serta menjaga jarak di dalam kapal.

Guna penerapan Physical Distancing, kapasitas Kapal yang mampu menampung 498 penumpang, kini hanya diisi setengahnya.

“Jadi kami memberikan jarak kursi maupun tempat tidur, jadi kapasitas yang bisa kami bawa hanya 50 persen, sekitar 200-an dari kapasitas kapal 498 orang,”ujarnya.

Selain itu, pihaknya secara rutin melaksanakan penyemprotan disinfektan dan di seluruh bagian kapal.

Serta menyiapkan hand sanitizer serta handshop untuk memastikan para penumpang menjaga kebersihan diri selama di perjalanan.(amt/tribunpontianak.com/foto:tribun)