Angkasa Pura 2

Kanada Larang Kapal Pesiar Berlabuh sampai Oktober

DermagaMinggu, 31 Mei 2020
images (92)

Jakarta (BeritaTrans.com) – Kanada jadi salah satu negara yang tak luput dari pandemi virus corona. Mengutip Worldometer pada Minggu (31/5) terdapat 90,190 kasus infeksi virus corona, dengan 48,103 orang berhasil sembuh dan 7,073 meninggal.

Untuk mencegah penyebaran virus tersebut, Kanada melarang kapal pesiar untuk berlabuh di negaranya. Dilansir Usa Today, tak hanya kapal pesiar, kapal-kapal lain yang mengangkut lebih dari 100 penumpang juga dilarang untuk berlayar.

Dalam pernyataannya pada Jumat (29/5), Menteri Transportasi Kanada, Marc Garneau, mengatakan bahwa pemerintah selalu berkomitmen untuk melindungi seluruh warga Kanada di tengah pandemi ini.

“Karena alasan itulah saya mengumumkan langkah-langkah terbaru untuk kapal pesiar dan kapal penumpang lainnya di Kanada, yang termasuk melarang kapal pesiar yang lebih besar untuk beroperasi di perairan Kanada hingga 31 Oktober 2020,” kata Garneau.

Sebagaimana diberitakan CTV News, larangan serupa sebelumnya telah dikeluarkan sejak Maret silam, di mana semua kapal dengan kapasitas lebih dari 500 penumpang tidak diperkenankan untuk berlabuh hingga 1 Juli. Hanya saja, Menteri Transportasi Kanada, Marc Garneau kini memperbarui dan memperketat larangan tersebut.

Sementara itu, aturan mengenai transportasi lainnya juga akan segera dibuat terutama bagi transportasi yang membawa penumpang dengan jumlah besar.

Di sisi lain ketika Kanada mengeluarkan larangan ini, larangan berlayar dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) justru akan berakhir pada 24 Juli mendatang.

Beberapa perusahaan kapal pesiar besar seperti Norwegian, Royal Caribbean, Carnival, dan Disney akan melanjutkan kembali pelayarannya yang sempat terhenti karena virus corona. (lia/sumber:kumparan)