Angkasa Pura 2

Kawasaki Siapkan Motor Roda Tiga Saingan Polaris Slingshot

OtomotifMinggu, 31 Mei 2020
941996_720

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kawasaki sedang mengarap kendaraan roda tiga yang mirip dengan Polaris Slingshot, tetapi dengan satu perbedaan utama: motor ini akan miring saat berbelok.

Sebuah paten yang diterbitkan oleh Lembaga Paten Eropa menggambarkan kendaraan Kawasaki sebagai roda tiga seperti Slingshot. Model ini juga bisa menampung 2 penumpang berdampingan di belakang setir. Di mana itu berbeda adalah mekanisme bergulir yang memungkinkan roda tiga miring saat menikung.

941995_720

Gambar paten Kawasaki dengan tiga roda. (Foto: motorcycle.com)

Dua roda depan berputar ke sudut tetapi tetap tegak seperti di mobil atau UTV. Sisa sasis miring membentuk sudut saat berbelok. Tidak seperti mobil roda tiga seperti Yamaha Niken dan Tricity atau MP3 Piaggio, hanya bodi kendaraan dan roda belakang yang miring sementara dua roda depan tetap vertikal. Itu karena dua roda yang membuat kendaraan berputar, seperti mobil. Tujuan dari gerakan miring, menurut paten, bukan untuk memutar tetapi untuk menangkal gaya sentrifugal dari belokan yang biasanya akan mendorong pengemudi menjauh dari sisi yang menikung.

Paten menjelaskan bagaimana kedua ban depan akan memiliki profil yang lebih persegi, seperti ban mobil, karena roda tidak bersandar. Roda belakang, menggunakan ban seperti pada sepeda motor membulat untuk lebih menjaga cengkeraman saat miring. Roda belakang digerakkan rantai, dan mungkin dipasang pada swingarm, meskipun paten tidak memberikan banyak detail tentang suspensi belakang. Sumber penggerak adalah mesin pembakaran internal dengan transmisi, meskipun patennya mengatakan listrik atau bahkan sistem hibrida juga dapat digunakan. Berbeda dengan Slingshot, paten Kawasaki memposisikan mesin di belakang, yaitu di belakang jok.

Permohonan paten awalnya diajukan di Jepang pada 22 November 2018, tetapi ada kemungkinan produknya dari Kawasaki belum ada. Sebagian besar paten berkaitan dengan bagian depan dan mekanisme miring. (dan/tempo)