Angkasa Pura 2

Peluncuran SpaceX: Astronaut Mulai Misi Historis dalam Pesawat Luar Angkasa Milik Swasta

Another News KokpitMinggu, 31 Mei 2020
_112567757_cap

Jakarta (BeritaTrans.com) – Perusahaan roket pribadi SpaceX telah mengirim dua astronaut ke orbit.

Peluncuran ini menjadi yang pertama kali setelah sembilan tahun lalu kapal-kapal roket perusahaan tersebut dipensiunkan setelah berhasil mengirim kru dari wilayah Amerika Serikat.

Doug Hurley dan Bob Behnken tidak hanya mencoba sistem kapsul yang baru, tetapi juga menginisiasi model bisnis yang baru untuk Nasa.

Agensi tersebut tidak perlu lagi memiliki kendaraan luar angkasa namun bisa menyewa dari layanan “taksi” yang ditawarkan SpaceX.

“Ayo Nasa, ayo SpaceX. Semoga sukses Bob dan Doug”
Perusahaan-perusahaan lain selain SpaceX milik miliuner Elon Musk, SpaceX, diharapkan ikut berkecimpung untuk menumbuhkan pasar. Perusahaan pabrikan pesawat Boeing sudah menandatangani kontrak dengan Nasa untuk melakukannya.

Musk mengatakan ia merasa campur aduk melihat kapal luar angkasa miliknya berhasil menerbangkan astronaut ke orbit.

_112567628_061705150_getty
Hak atas fotoGETTY IMAGES
Itu merupakan hari kemenangan bagi Elon Muskdan perusahaannya, SpaceX.

“Ini merupakan sesuatu yang menyentuh hati manusia, dan semua orang yang punya semangat menjelajah. AS merupakan pusat semangat menjelajah,” katanya kepada wartawan.

_112567761_061702703
Hak atas fotoREUTERS
Doug Hurley (kiri) dan Bob Behnken (kanan) akan berada di luar angkasa hingga empat bulan lamanya

Sempat tertunda karena cuaca

Sebelumnya, diberitakan bahwa peluncuran pesawat ruang angkasa SpaceX milik Elon Musk Crew Dragon, atau Kru Naga, dengan membawa astronaut untuk pertama kalinya, ditunda karena cuaca buruk.

Roket SpaceX Falcon 9 sebelumnya dijadwalkan lepas landas dari Kennedy Space Center di Florida pada hari Rabu, tetapi tujuh belas menit sebelum peluncuran, badai petir memaksa misi itu ditunda.

Dua astronaut NASA Bob Behnken dan Doug Hurley sebelumnya telah bersiap di kapsul Kru Naga.

Mereka menghabiskan dua minggu dalam isolasi untuk menghindari infeksi virus corona.

Presiden Trump telah melakukan perjalanan ke Florida untuk mengamati peluncuran.

Inilah misi pertama badan ruang angkasa Amerika Serikat, Nasa dan perusahaan swasta dan membuka era perjalanan udara komersial.

Berikut sejumlah pertanyaan di seputar peluncuran itu, seperti dituliskan editor sains BBC News Paul Rincon.

Mengapa perusahaan swasta membawa astronaut Nasa?

Badan Antariksa Amerika Serikat (Nasa) telah berencana untuk menyerahkan transportasi kru Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sejak awal tahun 2000an.

_112418969_eygh5jhx0au9m8v
Hak atas fotoSPACEX
Kru Naga akan menjadi pesawat ruang angkasa komersil pertama di dunia

Setelah pesawat ulang alik Columbia meledak saat kembali ke Bumi pada tahun 2003, Nasa fokus mengembangkan pesawat luar angkasa pengganti yang bisa mencapai Bulan.

Untuk bisa menjalankan program tersebut, maka Nasa perlu melibatkan perusahaan swasta untuk mengangkut kru dan kargo ke ISS.

Pada 2014, SpaceX, milik pengusaha Elon Musk, dan raksasa pesawat luar angkasa Boeing, diumumkan sebagai pemenang kontrak Nasa untuk layanan transport para kru mereka.

SpaceX meluncurkan pesawat luar angkasanya dulu; pesawat luar angkasa Kru Naga akan berangkat pada Rabu, dengan didorong oleh roket Falcon 9 dari Pusat Luar Angkasa Kennedy di Florida, AS.

Apa itu SpaceX?

SpaceX adalah sebuah perusahaan asal AS yang menyediakan layanan peluncuran pesawat luar angkasa menggunakan roket Falcon 9 dan Falcon Heavy miliknya, baik untuk tujuan komersil atau membantu pemerintah.

Elon Musk mendirikan perusahaan itu pada 2002, dengan tujuan mengurangi biaya transportasi luar angkasa dan membuka jalan bagi kolonisasi Planet Mars.

SpaceX adalah perusahaan swasta pertama yang secara rutin mengembalikan roket ke Bumi, dengan memanfaatkan kekuatan propulsif, sehingga roket bisa dipakai ulang ketimbang dibuang di angkasa.

Perusahaan telah meluncurkan pesawat kargo ke ISS secara reguler, dan sekarang, ia ingin membawa astronot ke ISS. SpaceX juga tengah mengembangkan pesawat luar angkasa yang berukuran lebih besar bernama Starship untuk membawa penumpang, proses awal sebelum membawa manusia tinggal di Mars.

_112425252_maxresdefault
Hak atas fotoSPACEX
Kru Naga bisa membawa paling banyak empat penumpang.

Siapa Elon Musk?

Lahir di Afrika Selatan, Elon Musk mengantongi lebih dari 160 juta dollar AS dari penjualan layanan pembayaran online PayPal ke eBay.

Impiannya untuk membawa manusia menjadi masyarakat penjelajah luar angkasa adalah alasan utamanya mendirikan SpaceX. Namun ia juga mendirikan perusahaan-perusahaan lain dalam beragam sektor, seperti pembuat mobil listrik Tesla.

Ia juga melahirkan proyek bernama Hyperloop, sistem transportasi berkecepatan tinggi yang memanfaatkan tabung yang dapat berjalan melalui sebuah sistem yang terdiri dari sejumlah tabung.

Kepribadian dan gaya hidupnya yang penuh warna menginspirasi Robert Downey Jr dalam memerankan karakter fiktif Tony Stark ciptaan Marvel Comics.

Musk adalah tokoh yang kontroversial: tulisannya di Twitter kadang disambut tuntutan hukum dan membuatnya didepak dari kursi komisaris Tesla (meskipun ia masih menjadi presiden eksekutifnya).

_112481080_p06mbclq
Hak atas fotoGETTY IMAGES
Elon Musk menginspirasi peran Robert Downey Jr bagi karakter Iron Man

Mengapa peluncuran Kru Naga penting?

Sejak pesawat ulang alik dipensiunkan pada 2011, Nasa telah membayar Rusia puluhan juta dollar untuk mengangkut para astronotnya dalam pesawat luar angkasa Soyuz.

Peluncuran Kru Naga dari Florida menandakan peluncuran manusia pertama dari Amerika Serikat dalam sembilan tahun terakhir.

Peluncuran ini dipandang penting untuk mengembalikan gengsi AS dalam penerbangan luar angkasa dengan membawa astronot. Ini juga pertama kalinya sebuah perusahaan swasta membawa astronot ke orbit.

Apa itu Kru Naga?
Kru Naga adalah pesawat luar angkasa yang akan membawa astronot Nasa ke ISS pada Rabu (27/05).

Pesawat ini adalah evolusi dari pesawat luar angkasa Dragon, atau Naga, yang dibuat untuk mengangkut kargo ke ISS. Kru Naga dirancang untuk membawa paling banyak tujuh penumpang, tapi penerbangan Nasa ini akan membawa empat astronot, dan sisanya dipakai untuk kargo pasokan.

Pesawat ini dilengkapi dengan pendorong yang memungkinkannya bermanuver di ruang angkasa dan akan menempel di ISS dengan kendali otonom.

Tidak seperti pesawat luar angkasa lainnya yang dirancang untuk manusia, kabin kru dilengkapi kontrol layar sentuh, menggantikan tombol-tombol konvensional.

_112419397_iss058e027464large
Hak atas fotoNASA
Kru Naga saat tes mengorbit tahun lalu, di mana ia tidak membawa astronot.

Siapa astronot yang akan ke ISS?

Astronot yang akan berangkat adalah Bob Behnken dan Doug Hurley.

Mereka terpilih pada tahun 2000 dan masing-masing telah berangkat ke luar angkasa dua kali dengan memakai pesawat ulang alik.

Mereka adalah bagian dari korps astronot Nasa yang paling berpengalaman, dan keduanya dilatih sebagai pilot tes–peran yang penting karena mereka mengendarai pesawat luar angkasa baru ini melalui tahapan-tahapannya.

Hurley telah menghabiskan total 28 hari dan 11 jam di luar angkasa, sementara Behnken telah mengantongi total 29 hari dan 12 jam, termausk 37 jam berjalan di luar angkasa. Istri-istri kedua pria ini juga astronot.

_112418973_061562812
Hak atas fotoREUTERS
Bob Behnken (kiri) dan Doug Hurley tiba di Florida pada 20 Mei untuk bersiap mengangkasa.

Apa yang akan dilakukan astronaut di ISS?

Pesawat luar angkasa yang dirancang untuk membawa astronot harus melalui sebuah proses untuk memastikan keamanan operasinya.

Peluncuran ini pada dasarnya tahap akhir dalam proses validasi tersebut. Begitu mengorbit, Behnken dan Hurley akan menguji sistem kendali lingkungan, layar-layar, kendali, dan pendorong manuver Kru Naga.

_112520245_space_x_dragon_mission_profile_inf640-2x_indonesian-nc

Mereka akan memonitor sistem pengaitan otonom saat mendekati stasiun luar angkasa, di mana mereka akan menjadi anggota kru ISS.

Di pos orbit, mereka akan lanjut menguji Kru Naga dan melakukan tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan ISS. Saat sudah waktunya pulang ke Bumi, Kru Naga akan turun dengan parasut ke Samudera Atlantik. Kapsul dan kru kemudian akan dijemput kapal bernama Go Navigator.

_112520247_space_x_dragon_return_to_earth_inf640-2x_indonesian-nc

Bagaimana jika ada sesuatu yang salah saat peluncuran?

Kru Naga memiliki sistem pemutusan yang dirancang untuk menyelamatkan nyawa krunya dalam keadaan darurat.

Jika ada masalah saat keberangkatan, seperti mesin roket mati, Kru Naga akan mengaktifkan mesin untuk mendorong pesawat dan penumpangnya keluar dari roket. Kapsul lalu akan turun ke bawah dengan aman. SpaceX sukses melakukan uji coba sistem pemutusan itu pada 19 Januari 2020.

Bagaimana dengan pakaian yang dikenakan astronot?

Setelan penerbangan yang akan dipakai Behnken dan Hurley akan terlihat sangat berbeda dibanding desain sebelumnya.

Tak seperti setelan astronot tradisional yang besar dan berwarna seperti labu, dengan helm bundar yang populer di masa pesawat ulang alik, pakaian SpaceX lebih ramping, berwarna putih, dan dijahit satu badan, dilengkapi helm mulus yang dibuat oleh mesin cetak 3D. Setiap pakaian disesuaikan dengan astronaut masing-masing.

Pakaian ini mirip dengan pakaian astronot yang dipakai dalam film fiksi sain, itu mungkin karena setelan yang baru ini dirancang oleh perancang kostum Hollywood bernama Jose Fernandez, yang terlibat dalam film Batman, X-Men, dan Thor.

Namun setelan ini juga praktis karena dirancang untuk melindungi astronaut saat kabin kehilangan tekanan udara, atau depresurisasi–di mana oksigen tidak lagi ada dalam pesawat luar angkasa.

_112421353_ksc-20200117-ph-kls01_0238large
Hak atas fotoNASA
Setelan pakaian astronot yang baru terlihat futuristik.

Apa yang terjadi selanjutnya?

Jika misi Kru Naga Demo-2 sukses, SpaceX akan lanjut dengan enam misi “operasional” ke ISS, yang wajib dilaksanakan oleh mereka berdasarkan kontrak US$2,6 miliar yang telah ditandatanganinya bersama Nasa.

Boeing juga menandatangani kontrak serupa dengan nilai 4,2 milyar dollar AS untuk membawa kru ke ISS dengan memakai pakaian CST-100 Starliner.
(lia/sumber:bncindonesia)