Angkasa Pura 2

Pelindo III Tebar 3.000 Alat Rapid Test Gratis untuk Penumpang Penyebarangan dan Warga Pesisir

DermagaRabu, 3 Juni 2020
IMG_20200603_064327_resize_82

JAWA TIMUR (BeritaTrans.com) – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyebarkan tiga ribu alat rapid test atau test cepat bagi warga pesisir, khususnya calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (2/6/2020).

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heliyanto di Surabaya, mengatakan tiga ribu rapid test gratis yang diselenggarakan di Ketapang Banyuwangi merupakan rangkaian kegiatan bantuan dari 50 ribu rapid test gratis Pelindo III kepada masyarakat maritim, kampung nelayan, warga di pelabuhan hingga pondok pesantren.

“Tujuan kami adalah mewujudkan kebijakan pemerintah dalam upaya memutus penyebaran COVID-19 di Indonesia. Dengan memberlakukan protokol kesehatan ketat dan dibantu petugas keamanan dari TNI/Polri, kami melayani satu per satu calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi,” kata Toto.

Rapid test gratis ini, kata Toto, sekaligus membantu masyarakat maritim melakukan pendeteksian dini kesehatan mereka di tengah pandemi.

“Kami melakukan sistem jemput bola dalam pelaksanaan bantuan rapid test gratis ini. Jadi tim kami bekerja sama dengan gugus tugas pemerintah daerah yang datang langsung ke wilayah yang dianggap rawan penyebaran COVID-19. Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapat fasilitas deteksi dini,” katanya.

Rencananya, pelaksanaan rapid tes gratis di pelabuhan penyeberangan Ketapang Banyuwangi digelar hingga 4 Juni 2020.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Ali Ruchi mengapresiasi Pelindo III yang telah menggelar program rapid tes gratis di pelabuhan yang dikelola Dinas Perhubungan tersebut.

Menurutnya, bantuan dari Pelindo III sangat bermanfaat bagi calon penumpang yang wajib menyertakan bukti bebas COVID-19 sebelum berpergian. Selain itu, juga membantu Pemerintah Daerah Banyuwangi mencegah penyebaran COVID-19 di wilayahnya.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pelindo III yang sudah memberikan fasilitas rapid test gratis, tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk memetakan sekaligus mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah penyeberangan dan pelabuhan khususnya kawasan pesisir Kabupaten Banyuwangi,” kata Ali.(amt/antaranews.com/foto:antara)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari