Angkasa Pura 2

Bajaj Bisa jadi Alternatif Transportasi Umum Selamat dan Sehat di New Normal

KoridorKamis, 4 Juni 2020
IMG-20200602-WA0002

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Cris Kuntadi menilai, Bajaj bisa menjadi alternatif transportasi umum yang selamat dan sehat saat penerapan New Normal pada pandemi Covid-19.

“Kendaraan roda tiga ini turut cegah penyebaran Covid-19, karena pengemudi dan penumpang berjarak bahkan bisa dibuatkan sekat permanen,” ujar Cris di Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Dengannya juga lebih aman karena pengemudi dan penumpang terlindungi tubuh bajaj. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, maka akan lebih terjamin keselamatannya.

Dari sisi kenyamanan, tentu bisa didapat, karena penumpang terhindar bersentuhan dengan pengemudi, lebih leluasa duduk, sama halnya bila menumpang angkutan mikrolet atau bus.

“Bila hujan atau panas juga tidak bermasalah karena kondisi tertutup. Bahkan bajaj juga bisa menggunakan pendingin untuk meningkatkan kenyamanan penumpang,” ungkapnya.

Pada angkutan bajaj juga bisa diterapkan tarif dengan argometer seperti pada moda taksi namun dengan pengaturan yang lebih rendah.

Moda ini juga bisa saja dikembangkan dengan cara pemesanan melalui online bila aplikasinya sudah diterapkan, guna memberi kemudahan bagi penumpang. (omy)

Foto: dok