Angkasa Pura 2

Kapal Tenggelam Penumpang Malah Ketawa Ngakak

DermagaKamis, 4 Juni 2020
titanic-pasti-minder-cuma-di-indonesia-kapal-tenggelam-penumpang-malah-ketawa-ketiwi

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Viral video sebuah kapal tenggelam di perairan Probolinggo, Pulau Gili Ketapang, Sumberasih, Jawa Timur. Kabar yang seharusnya membuat masyarakat khawatir dan panik, malah berubah menjadi ceria.

Kapal tenggelam beserta seluruh penumpang dan muatan, para ABK dengan santainya ketawa-ketiwi tidak menunjukkan kepanikan sama sekali.

Sebuah kapal yang seharusnya mengangkut penumpang untuk berpindah pulau di sekitar Madura, kini tengah beralih fungsi jadi pengangkut ikan.

Akibat kelebihan muatan, bencana tak bisa dielakkan. Kapal tenggelam di perairan Probolinggo, Pulau Gili Ketapang, Jawa Timur. Kepala Pelabuhan, Capt Subuh Fakkurrohman membenarkan hal tersebut.

“Diduga muatan kapal itu melebihi kapasitas yang ditampungnya,” papar Capt Subuh dilansir dari akun resmi Instagram ndorobeii.

Selama pandemi Covid-19, jumlah penumpang jadi berkurang drastis. Akhirnya kapal dialih fungsikan sebagai pengangkut ikan hasil tangkapan nelayan.

20200602090620-1-kapal-tenggelam-penumpang-malah-ketawa-ketiwi-003-kurnia-azizah
Instagram ndorobeii

Muatan yang berlebih, ditambah lambung kapal yang rendah, menjadi faktor luapan air bisa masuk ke badan kapal dengan cepat.

“Selain itu lambung kapal rendah, sehingga air masuk ke badan kapal,” jelas Capt. Subuh.

Video singkat menunjukkan seluruh penumpang tengah berpegangan pada sisi atap kapal yang masih bertahan mengambang.

Barang bawaan, gas kosong, dan tong ikan, sudah berhamburan di sekitar badan kapal. Melihat kondisi tersebut, keempat pria, termasuk perekam, serta seorang ibu di sisi lain, tetap terlihat santai.

20200602090621-1-kapal-tenggelam-penumpang-malah-ketawa-ketiwi-004-kurnia-azizah
Instagram ndorobeii

Mereka mengobrol menggunakan logat Jawa Timur kental sembari tertawa terbahak-bahak. Seolah-olah tidak ada masalah sama sekali.

“Iki ono kewan e ora?,” ujar seorang ABK.

“Woo ngarang. Hhaha, ah embuh,” jawab penumpang lain.

“Hhaha, Ya Allah kang, lemes, hahha,” kata sang perekam video.

Beruntunglah insiden kapal tenggelam tersebut tidak sampai merenggut nyawa. Sejumlah ABK yang turut serta dalam pelayaran selamat.

20200602090628-1-kapal-tenggelam-penumpang-malah-ketawa-ketiwi-002-kurnia-azizah
Instagram ndorobeii

Beginilah hebatnya Indonesia, yang kerap dielu-elukan sebagai negeri ‘santuy’. Bisa jadi tawa yang mereka lontarkan sebagai bentuk mencegah kepanikan di antara para ABK dan penumpang yang ada.

“Hanya di Indonesia, kapal lagi tenggelam, penumpang masih bisa ketawa. Titanic minder melihat ini,” tulis ndorobeii dalam caption.

Melihat para ABK bisa tertawa dan mengobrol santai tatkala mengalami kecelakaan tak terduga, netizen jadi ikut tertawa. Sampai membandingkan dengan peristiwa kapal Titanic yang melegenda, hingga merenggut ribuan nyawa.

“Malah guyu… Terlalu santai,” tulis arfrstwn.

“Mungkin biar nggak pada panik jadi itu orang ketawa-ketawa,” tulis afinawulandari.

“Ini salah setting ekspresi wajah, harusnya takut malah ketawa-ketawa,” tulis yastooo.

“Baru liat.. kapalnya tengglam ketawiii ketiwii… Memang orang Indonesia hebat hebat mentalnya…,” tulis aris_allfahrezha.

“Ini nabrak gunung es kah?,” tulis davidd_andreas.

“Tetap santuy dalam kondisi apapun,” tulis septian.reyn21. (fhm/sumber merdeka)