Angkasa Pura 2

PT DLU Segera Lakukan Evakuasi Kapal KMP Dharma Rucitra III

DermagaSelasa, 16 Juni 2020
Kapal KMP Darma Rucitra III yang karam di areal kolam Dermaga II PAdang Bai akan segera di evakuasi 3

AMLAPURA (BeritaTrans.com) – Pihak PT Darma Lautan Utama (DLU) sebagai oerator kapal KMP Darma Rucitra III yang diduga mengalami musibah kebocoran pada bagian lambung kapal, sebelum akhirnya karam di areal kolam Dermaga II Padang Bai, memastikan jika proses evakuasi kapal naas tersebut akan segera dilaksanakan.

Dari pantauan media ini di Pelabuhan Padang bai, Senin (15/6/2020) sejumlah peralatan untuk keperluan evakuasi kapal tersebut sudah tiba di Dermaga II Padang Bai, dan nampak puluhan teknisi tengah menurunkan alat dari kendaraan dan memposisikannya dititik tertentu di areal dermaga.

Wahyudin, Direktur SDM PT. Darma Lautan Utama, kepada wartawan menyampaikan saat ini tim dari DLU sudah tiba bersama seluruh perlengkapan. Ada tiga tim dengan peralatan dan pola evakuasi berbeda yang saat ini tengah melakukan survei guna menentukan seperti apa dan bagaimana proses evakuasi kapal itu dilakukan.

“Kami dari DLU telah memiliki beberapa rencana terkait proses evakasi kapal itu, yang pertama kami akan survey dulu untuk mengetahui kondisinya seperti apa, barulah kita bisa melakukan langkah-langkah yang tepat dan efektif sehingga kapal tersebut bisa diangkat,” tegas Wahyudin, didampingi Manager Usaha PT DLU, I Gede Maharta di kantor DLU lantai II Gedung PT ASDP Padang Bai.

Bekaitan dengan proses evakuasi pengangkatan kapal tersebut, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak diantranya KSOP Padang Bai, dan pihaknya banyak mednapatkan masukaan dari KSOP terkait bagaimana agar proses evakuasi bosa berjalan dengan baik.

“Yang jelas semua tim teknik kami sudah dalam posisi stand by dengan seluruh peralatan di Padang Bai. Pola evakuasi banyak, cuman nanti tim survey kami yang akan menentukan pola seperti apa yang tepat dan efisien,” lugasnya.

Sementara itu, guna memastikan tidak ada korban yang terjebak dalam kapal naas yang karam di areal kolam Dermaga II tersebut, tim SAR gabungan dari Basarnas dan Polair Polda Bali Senin (15/6/2020) siang melakukan penyisiran dengan menyelam dan masuk kedalam kabin kapal. Penyisiran dengan penyelaman ini dilakukan atas permintaan dari pihak KSOP Pelabuhan Padang Bai.

“Memang berdasarkan manifes penumpang, disebutkan jika jumlah total penumpang dalam kapal sebanyak 60 orang penumpang dan semuanya selamat. Namun untuk memastikan tidak ada korban lainnya yang masih terjebak di dalam kapal maka kami SAR gabugan melakukaan penyelaman guna penyisiran kedalam kabin kapal,” tegas Kapos SAR Karangasem, I Gusti Ngurah Eka.

Tim akan berusaha masuk kedalam kabin kapal serta melakukan pemotretan dengan mengerahkan empat orang penyelam yang nantinya menyelam secara bergantian selama masing-masing 30 menit. (dan/balitribune/foto: balitribune)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari