Angkasa Pura 2

Tegang dengan China, India Borong 33 Jet Tempur dari Rusia

HankamJumat, 3 Juli 2020
Jet tempur Sukhoi.

NEW DELHI (BeritaTrans.com) – Kementerian Pertahanan India, Kamis, menandatangani pembelian 33 jet tempur Rusia dan menambah pembelian MiG-29 menjadi 59 buah. Total belanja India senilai US$ 2,4 miliar, di tengah meningkatnya ketegangan dengan tetangga pemilik nuklir China.

Pembelian 21 MiG-29 dan 12 SU-30 MKI untuk “menambah” skuadron tempur Angkatan Udara India, kata kementerian pertahanan. Sistem rudal baru dan tambahan yang akan diproduksi di India juga ditugaskan untuk ketiga cabang militer.

Peningkatan kemampuan pertahanan New Delhi diambil karena “kebutuhan untuk memperkuat angkatan bersenjata untuk melindungi perbatasan kita dan seruan Perdana Menteri Narendra Modi untuk ‘India Mandiri.” kata kementerian itu menambahkan dalam sebuah pernyataan.

Pengumuman itu mengikuti panggilan telepon Modi dengan timpalannya dari Rusia Vladimir Putin, di mana ia “dengan hangat memberi selamat” kepada Putin setelah pemungutan suara nasional tentang reformasi konstitusi yang dapat memungkinkannya untuk memperpanjang kekuasaannya hingga 2026.

Hubungan India dengan China memburuk dalam beberapa pekan terakhir setelah bentrokan perbatasan pada 15 Juni yang menewaskan 20 tentara India serta jumlah korban Cina yang tidak diketahui.

Rusia adalah sekutu Perang Dingin New Delhi dan tetap menjadi pemasok persenjataan terbesar India. Pada tahun 2018, kedua negara menandatangani perjanjian untuk Moskow untuk memasok sistem rudal S-400 dalam kesepakatan senilai US$ 5,4 miliar meskipun ada ancaman sanksi AS.

India pada Oktober menerima 36 jet tempur Rafale pertama yang dipesan dari Prancis pada 2016 saat berusaha memperbarui armada yang sudah tua. (ds/sumber Gatra.com)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari