Angkasa Pura 2

Karoseri Laksana Luncurkan Bus Social Distancing dengan Konfigurasi Kursi 1-1-1

Koridor OtomotifMinggu, 5 Juli 2020
Screenshot_20200705-144445

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Karoseri bus Laksana asal Ungaran meluncurkan bus dengan konsep social distancing. Perbedaan paling mencolok berada pada bagian kabin busnya yang menggunakan konfigurasi kursi 1-1-1.

Konfigurasi ini berarti bus terdiri dari tiga bagian, kiri, tengah dan kanan, masing-masing satu kursi. Konfigurasi kursi seperti ini dibuat agar ada jarak antar penumpang sehingga meminimalisasi penyebaran virus corona.

“Jumlah kursi yang ada di bus ini sebanyak 32 seat. Kemudian ada juga penambahan air purifier yang bisa memfilter udara dan ada juga lampu ultraviolet (UV) yang menurut penelitian bisa mengatasi virus,” ucap Export Manager Karoseri Laksana, Werry Yulianto, Sabtu (4/7/2020).

Pemaparan sinar UV ini juga hanya dilakukan saat sebelum dan sesudah bus beroperasi. Sehingga penumpang akan menaiki bus yang sudah bersih tanpa terganggu dari sinar yang dipancarkan lampu UV.

“Penambahan lain yaitu adanya jendela geser yang bisa dibuka manual. Penambahan jendela ini untuk mempercepat sirkulasi udara saat bus dibersihkan. Penyesuaian lainnya yaitu kami hilangkan bagasi di plafon kabin,” kata Werry.

Werry mengatakan, bodi bus yang digunakan yaitu Legacy SR2 HD Prime. Untuk pilihan sasisnya bisa disesuaikan dengan permintaan costumer. Karena ubahan yang dilakukan ada di bagian kabin dengan mengatur rel kursi saja.

Untuk armada yang ini memang tidak pakai gorden pemisah antar kursinya. Nanti costumer juga bisa request untuk menambah gorden pemisah antar kursinya, opsional,” kata dia.

“Sudah ada beberapa PO yang minta model kabin seperti ini. Ada juga yang masih menunggu kepastian untuk bisa angkut penumpang dengan kapasitas penuh dengan pemasangan penyekat,” tambah Werry.

Sebelumnya karoseri Laksana juga sudah menggagas ide bus social distancing dengan bodi suites class yang memiliki 21 kursi rebah. Adanya bus dengan konfigurasi 1-1-1 ini memiliki kelebihan bisa memuat lebih banyak penumpang. (fhm/sumber:kompas)