Angkasa Pura 2

Wisatawan ke Kepulauan Seribu Melejit, KSOP Muara Angke Perketat Protokol Kesehatan

DermagaMinggu, 5 Juli 2020
IMG-20200705-WA0018

IMG-20200705-WA0017

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Masyarakat yang berwisata ke Kepulauan Seribu melejit, khususnya yang berangkat dengan kapal penumpang melalui Pelabuhan Muara Angke Jakarta terutama pada libur akhir pekan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke, Anggiat D. Silitonga mengungkapkan, kemarin Sabtu (4/7/2020) tercatat 1.465 penumpang yang melakukan perjalanan wisata dari Pelabuhan Muara Angke.

“Angka ini mengalami kenaikan cukup signifikan dibandingkan dengan minggu pertama sejak dibukanya kembali pelayaran wisata yang saat itu berjumlah 113 orang penumpang,” jelaa Anggiat di Jakarta, Ahad (5/7/2020).

Namun demikian, peningkatan jumlah penumpang tersebut diiringi dengan peningkatan pengawasan implementasi protokol kesehatan Covid 19 yang diberlakukan ketat di Pelabuhan Muara Angke.

IMG-20200705-WA0020

Pengawasan ini dilakukan sejumlah petugas gabungan terkait, diantaranya dari KSOP Kelas IV Muara Angke, UPPD 1 DKI, KKP Pos Wilker Muara Angke, Dinas Kesehatan DKI, Kepolisian KP3 Sunda Kelapa, Polair Pos Muara Angke dan pihak TNI.

“Kami mewajibkan para penumpang cuci tangan sebelum masuk ke Terminal Penumpang. Para penumpang sebelum masuk juga dicek suhu tubuhnya. Begitu pula saat naik ke atas kapal, para penumpang diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak dan menggunakan life jacket,” beber dia.

Selain itu, tutur Anggiat, penumpang yang diangkut di kapal saat ini dibatasi hanya 50% dari kapasitas. Hal ini diterapkan agar phisycal distancing ketika berada di atas kapal tetap terjaga.

Sebagai informasi, KSOP Kelas IV Muara Angke bersama dengan KSOP Kepulauan Seribu dari awal Juni 2020 secara bertahap telah melakukan uji petik bagi kapal-kapal pengangkut penumpang.

“Hal ini untuk memastikan bahwa kapal-kapal tersebut laik laut serta menerapkan protokol kesehatan Covid 19 salah satunya dengan membuat batas-batas pada kursi dan ruangan di atas kapal,” tutup Anggiat. (omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari