Angkasa Pura 2

Malaysia Airlines Siap Terbangi Lagi Bandara Kertajati

Bandara KokpitSenin, 6 Juli 2020
20200706_063107

IMG-20200705-WA0086MAJALENGKA (BeritaTrans.com) – Menyongsong era new normal, maskapai penerbangan telah siap untuk kembali melayani Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Di bandara kelolaan PT Angkasa Pura II dan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) itu, tiga maskapai siap terbang sebanyak 17 jadwal penerbangan dalam sehari.

“Maskapai itu yakni Lion Air, Citilink, AirAsia dan Malaysia Airlines,” ungkap Direktur Utama PT BIJB, Salahudin Rafi, kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Senin (6/7/2020).

Dia menuturkan kesiapan Malaysia Airlines tersebut tampak dari rencana jadwal penerbangan maskapai asal negeri jiran itu, yang mencantumkan penerbangan dua kali sepekan ke Kertajati.

Seperti diketahui Malaysia Airlines terbang perdana dengan rute Kuala Lumpur (KUL) – Kertajati (KJT) – Kuala Lumpur (KUL) pada Kamis (13/2/2020).

Pesawat Malaysia Airlines mendarat mulus pada pukul 19.45 WIB di Bandara Kertajati membawa 71 penumpang. Kemudian pesawat B737-800 ini kembali ke Kuala Lumpur mengangkut 171 penumpang, sebagian adalah jemaah umrah.

Protokol Kesehatan

Manajemen bandara, Rafi mengutarakan juga telah siap untuk melayani penumpang dan pesawat. Pelayanan itu tentu dengan mengedepankan protokol kesehatan.
20200706_064813
Rafi mengutarakan seluruh ketentuan dalam protokol kesehatan diimplementasikan antara lain disinfeksi fasilitas publik, penggunaan masker, hand sanitizer portable serta pengubahan fasilitas layanan publik dengan tanpa sentuhan tangan.

Dia menegaskan seperti halnya bandara-bandara kelolaan PT Angkasa Pura II, Kertajati pun mengimplementasikan pelayanan berflatform digital sehingga mereduksi kontak fisik.

Dalam konteks pemeriksaan keesehatan dan dokumen perjalanan terkait kesehatan, dia mengutarakan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan juga selalu siap melayani.

Untuk mendukung mobilitas calon penumpang, manajemen Perum DAMRI juga siap mengoperasikan bus di rute Kertajati ke sejumlah destinasi.

Mantan Direktur Pengembangan Kebandarudaraan dan Teknologi PT Angkasa Pura II tersebut menyatakan optimistis penerbangan akan segera pulih di era new normal.

“Apalagi perekonomian dan pariwisata di Majalengka serta daerah sekitarnya mulai menggeliat, menjadi sinyal positif kebangkitan penerbangan di Bandara Kertajati,” cetusnya. (awe).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari