Angkasa Pura 2

Smart Cakrawala Aviation Pelanggan Pertama Airbus Helicopters di Asia Pasifik

Ekonomi & Bisnis KokpitSenin, 6 Juli 2020
Foto 3

SUBANG (BeritaTrans.com) – PT Smart Cakrawala Aviation Indonesia (SCAI) menjadi pelanggan pertama di Asia Pasifik yang menerima helikopter H130 melalui proses serah-terima daring yang dirancang khusus sesuai dengan protokol kesehatan dan keamanan Covid-19.

Operator penerbangan komersial yang berbasis di Jakarta ini menerima helikopter intermediate bermesin tunggal barunya di pusat pengiriman regional Airbus Helicopters di Subang, Malaysia.

Kedua pihak telah memenuhi seluruh langkah yang umumnya harus dilalui sebelum proses serah-terimanormal, tanpa melewati pertemuan fisik atau perjalanan lintas negara.

‚ÄúSerah-terima daring ini berjalan sukses dan kami menghargai kemampuan Airbus untuk menjalankan pengiriman helikopter secara daring. Proses ini mempercepat kesiapan operasional kami, dan kehadiran H130 juga meningkatkan kemampuan misi kami,” jelas CEO PT Smart Cakrawala Aviation Pongky Majaya dalam ketterangan tertulis, Senin (6/7/2020).

Pihaknya kata dia merasa puas dengan kepastian yang diberikan Airbus dan optimistis dengan kerja sama baru yang tengah dibangun ini.

Dalam proses serah-terima daring ini, inspeksi menyeluruh dan uji coba terbang dilakukan oleh staf Airbus, menggantikan karyawan pelanggan.

Inspeksi tersebut meliputi uji coba terbang, inspeksi video dan foto dari helikopter tersebut, pengecekan benda longgar (loose object), penyemprotan disinfektan di seluruh permukaan, dan verifikasi dokumen helikopter.

Upacara serah-terima daring berlangsung selama dua hari melalui konferensi video antara perwakilan Airbus Helicopters dan PT SCAI.

“Helikopter tersebut akan dikirim ke Jakarta, dalam dua minggu ke depan,” ungkapnya.

PT SCAI saat ini mengelola armada pesawat kecil tipe fixed wing. H130 baru tersebut akan menjadi helikopter pertama mereka dan didedikasikan untuk transportasi kargo dan penumpang, pemantauan udara, dan patroli kebakaran.

Airbus Helicopters Head of Asia Pacific Vincent Dubrule menyampaikan, di tengah tantangan COVID-19, sangat penting untuk tetap menyerahkan produk sesuai jadwal pada pelanggan.

“Kami bangga menyambut PT Smart Cakrawala Aviation sebagai pelanggan baru kami, sekaligus operator pertama di Asia Pasifik yang melalui proses serah-terima daring yang inovatif ini. Kami berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dan akan terus mendukung operasi mereka,” ujar dia. (omy)