Angkasa Pura 2

Insan Maritim Pelabuhan Panjang Bagikan 3.913 Masker

DermagaSelasa, 7 Juli 2020
IMG-20200707-WA0006

IMG-20200707-WA0005

PANJANG (BeritaTrans.com) – Insan instansi Maritim Pelabuhan Panjang, Lampung bagikan 3.913 masker guna mendukung penegakan disiplin protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Pembagian masker ini bersamaan dengan aksi Razia Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di wilayah Kecamatan Panjang.

Kegiatan diawali dengan Apel Persiapan di halaman Pangkalan TNI Angkatan Laut Provinsi Lampung yang dihadiri seluruh Instansi Maritim Pelabuhan Panjang.

Diantaranya KSOP Kelas I Panjang, Pangkalan TNI AL Lampung, DIT. POLAIR POLDA Lampung, BASARNAS Lampung, Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan Lampung, Badan Usaha Pelabuhan serta TUKS dan TERSUS.

“Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dilaksanakan di tiga titik yaitu Lapangan Baruna Ria Panjang, Pasar Panjang dan depan Pintu Masuk Pelabuhan Panjang tepatnya di depan Kantor KSOP Panjang” ujar Amrul Adriansyah, Komandan Lanal Lampung saat memimpin Apel Persiapan, Senin (6/7/2020).

Kegiatan ini kata dia, sebagai bentuk kepedulian Insan Maritim Pelabuhan Panjang kepada masyarakat khususnya warga Lampung dalam menghadapi New Normal di masa wabah COVID-19.

Senada dengan Amrul, Kepala Kantor KSOP Kelas I Panjang, Andi Hartono menyampaikan bahwa Instansi Maritim Pelabuhan Panjang selalu bersinergi dan peduli kepada masyarakat.

Penanganan Covid-19 di Pelabuhan Panjang sudah berjalan sejak Januari 2020 dengan menggelar koordinasi dan menerbitkan berbagai SOP maupun Edaran demi menangkal wabah tersebut.

“Kami pastikan bahwa penerapan protokol kesehatan di Pelabuhan Panjang khususnya bagi kapal-kapal yang masuk maupun keluar dari Pelabuhan Panjang sudah sesuai dengan SOP yang kami terbitkan. Awak kapal baik domestik maupun internasional tetap harus berada di atas kapal selama berada di Pelabuhan Panjang” urai Andi.

Sementara General Manager PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang, Drajat Sulistyo menyampaikan bahwa IPC Panjang telah menerapkan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

IMG-20200707-WA0003

Bahkan di lingkungan kantor IPC Panjang,
selain menyediakan tempat cuci tangan, hand sanityzer, kewajiban menggunakan masker maupun pengukuran suhu badan, untuk kalangan karyawan IPC Panjang juga dilakukan pengaturan tersendiri.

“Bagi karyawan yang sudah berada di Kantor IPC Panjang tidak saya izinkan keluar kantor tanpa ada surat tugas. Bila ada yang ke luar kantor tanpa penugasan maka tidak diizinkan untuk masuk kembali ke dalam kantor,” ujarnya.

Bagi pegawai yang berusia di atas 51 tahun, pihaknya berlakukan bekerja dari rumah (Work from home).

Selain penegakan disiplin protokol kesehatan, dalam kegiatan kali ini dilaksanakan pula sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan pembagian masker kepada warga masyarakat.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi New Normal adalah melakukan pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak antarsesama dan selalu memakai masker ketika keluar rumah.

Kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan diakhiri dengan Apel Evaluasi Kegiatan bertempat di halaman Kantor KSOP Kelas I Panjang.

“Pada hari ini telah terkumpul sejumlah 3.913 masker persembahan dari Instansi Maritim Pelabuhan Panjang untuk masyarakat. Kegiatan ini akan kami laksanakan selama 1 bulan dengan melakuakn patroli secara bergiliran, baik dari KSOP, Lanal, Polair, Basarnas dan instansi terkait lainnya, tujuannya agar masyarakat semakin sadar dan mematuhi pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam masa new Normal saat ini” kata Andi.

Di tempat terpisah, Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi, saat dilaporkan melalui Telepon Seluler menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Instansi Maritim Pelabuhan Panjang.

“Kegiatan ini sangat baik sekali, Saya sangat mengapresiasi dan pada kesempatan berikutnya Saya akan turut berpartisipasi langsung” tutur Arinal. (omy)