Angkasa Pura 2

Pengerjaan Konstruksi Tol Cibitung-Cilincing Sudah Capai 74 Persen

KoridorSelasa, 7 Juli 2020
IMG_20200707_123856_resize_10

IMG_20200717_114415_resize_36

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) terus berlangsung, meski sedang terjadi pandemi Covid–19. Hasilnya, sampai dengan Juni 2020 pengerjaan konstruksi mencapai 74% dan untuk pembebasan lahan sekitar 86%.

Menurut Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II, Arif Suhartono, pembangunan jalan tol tersebut mempunyai arti penting bagi kelancaran arus pendistribusian barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok.

“Selain itu juga akan membuat kawasan yang dilintasi jalan tol menjadi berkembang,” ungkap Arif Suhartono, di Jakarta, Senin (6/7/2020).

Atas pentingnya keberadaan jalan tol itu dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan nasional, tambah Arif Suhartono, maka kegiatan pembangunan konstruksi tetap berjalan, sebagaimana tahapan yang sudah ditetapkan.

“Termasuk ketika awal tahun ada pandemi Covid – 19 kegiatan pembangunan tetap berjalan, namun tetap mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah pekerja pembangunan terpapar wabah virus,” kata Arif.

Dikatakan juga, kegiatan pembangunan konstruksi agak mengalami pelambatan mengingat kegiatan pekerjaan mengikuti protokol kesehatan.

“Namun demikian kegiatan pembangunan konstruksi terus berlangsung dan progresnya meningkat,” tandas Arif.

Pembangunan JTCC dimulai September 2017, akan menghasilkan panjang jalan 34,8 Km dengan diketahui pembangunan jalan tol Cibitung – Cilincing target selesai pembangunan konstruksi pada kwartal pertama tahun 2021.

Pembangunan Tol Cibitung – Cilincing yang didanai PT Pelabuhan Indonesia II melalui anak perusahaan PT. Pengembangan Pelabuhan Indonesia (PPI) melintasi wilayah 7 Kecamatan yakni, Cikarang Barat, Cibitung, Tambun Selatan, Tambun Utara, Sukawangi, Babelan, Tarumajaya.

Di dalam tujuh kecamatan itu melintasi 2 kelurahan yakni Telaga Asih dan Wanasari dan 15 Desa yakni Gandamekar, Gandasari, Cibuntu, Wanajaya, Sumber Jaya,Jejalen Jaya, Srimahi, Srijaya, Sukamekar, Muara Bakti, Buni Bakti, Samudera Jaya, Segarajaya, Pantai Makur, Segara Makmur.

Pembangunan JTCC terbagi dalam 4 seksi. Seksi I, Interchane Cibitung dan Interchange Telaga Asih panjangnya 3,14 km. Seksi 2 adalah Interchange Telaga Asih – Interchange Tambelang. Seksi 3 Interchange Tambelang -Interchange Tarumajaya yang pekerjaannya dan Seksi 4 Interchange Tarumajaya – Interchange Cilincing.(ahmad)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari