Angkasa Pura 2

Presiden Keluhkan Proyek Tol Cisumdawu Jawa Barat Terhambat Pembebasan Lahan: Ini Menyangkut Bandara Kertajati

Another News Bandara KoridorSelasa, 7 Juli 2020
Terowongan di Tol Cisumdawu.

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Presiden Joko Widodo mengingatkan agar persoalan pembebasan lahan serta pengembalian dana talangan tanah tidak menghambat pengerjaan proyek infrastruktur. Seperti pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang belum rampung karena terhambat persoalan itu.

“Pembangunan jalan Tol Cisumdawu. Ini jalan tol penting sekali, tapi terhambat. Saya melihat ada proses pembebasan lahannya yang terhambat. Kemudian pengembalian dana talangan tanah juga terhambat karena urusan administrasi,” kata Jokowi saat rapat terbatas terkait Percepatan Pembangunan PSN Jalan Tol Trans Sumatera dan Tol Cisumdawu di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (7/7).

Masalah seperti itu beberapa kali disorot Jokowi. Oleh karena itu, Jokowi meminta agar peraturan dibuat lebih sederhana dan ringkas agar tidak menghambat.

“Kita alami dan tidak ada penyelesaian secara permanen. penyelesaiannya secara kasus per kasus. Kita buat regulasi yang sederhana, yang ringkas, yang cepat. sebetulnya solusinya itu,” ungkap Jokowi.

Dia menugaskan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A Djalil, mencari solusi mengatasi masalah tersebut.

Kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Jokowi juga meminta agar dibuat aturan teknis terkait proyek tersebut.

“Ini saya minta segera diselesaikan, dirampungkan semuanya. Kita butuh percepatan karena ini akan menyangkut juga Bandara Kertajati,” tegas Jokowi. (ds/sumber Merdeka.com)