Angkasa Pura 2

Sugihardjo: Dirgahayu Politeknik Pelayaran Sorong

Dermaga SDMSelasa, 7 Juli 2020
IMG-20200707-WA0087

IMG-20200707-WA0085

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Meski dilakukan virtual, penutupan rangkaian acara peringatan Dies Natalis ke-13 Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sorong dan diikuti seluruh civitas akademika Poltekpel Sorong, baik taruna, alumni maupun pegawai, berjalan hikmat.

Dies Natalis ini mengusung tema “Kolaborasi Untuk Berinovasi Menuju Sumber Daya Manusia Maritim Yang Unggul dan Produktif Serta Aman dari Covid-19, Guna Mendukung Percepatan Terwujudnya Kebiasaan Baru Dalam Bertransportasi”.

“Dirgahayu Politeknik Pelayaran Sorong,” tutur Kepala Badan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Sugihardjo, Selasa (7/7/2020).

Rangkaian kegiatan Dies Natalis telah dimulai sejak 25 Juni lalu. Dia berharap, kegiatan semacam ini dapat menambah wawasan dan menjadi referensi bagaimana merayakan Dies Natalis ke depan bagi sekolah-sekolah lainnya di lingkungan BPSDM Perhubungan.

Sugihardjo juga berharap, Poltek yang telah menciptakan kurang lebih 700 orang alumni mampu berkontribusi nyata dalam dunia maritim baik nasional maupun internasional.

“Perguruan Tinggi yang unggul haruslah produktif dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki karakter,” ungkapnya.

Dia menekankan kolaborasi atau sinergi antarperguruan Tinggi dapat menjadi salah satu alternatif yang dilakukan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan lulusan.

Untuk sekolah vokasi seperti yang ada di lingkungan BPSDMP, para peserta didik dibekali tiga macam kompetensi yaitu Knowledge, Skill dan Attitude.

“Ketiganya sangat penting sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja termasuk dalam beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kondisi new normal yang berlangsung saat ini,” papar dia.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam beberapa kesempatan juga terus mendorong BPSDMP agar mendidik dan mencetak SDM di bidang maritim yang berkompeten untuk menjadikan level of service dan level of safety bagi dunia maritim di Indonesia.

“Dibutuhkan focus dan effort yang besar untuk menghasilkan lulusan yang dapat berkompetisi dalam industri pelayaran dunia sesuai standar yang telah ditetapkan oleh International Maritime Organisation” ujarnya.

Secara khusus bagi pengembangan pendidikan vokasi di wilayah Papua Barat, Sugihardjo menekankan agar kegiatan Tridharma Pendidikan Tinggi berupa pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Poltekpel Sorong dapat lebih bermanfaat pada pengembangan riset unggulan yang berbasis pada kemampuan SDM lokal.

“Kehadiran perguruan tinggi di lingkungan BPSDMP di wilayah timur Indonesia ini harus secara nyata berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar,” katanya.

Sugihardjo terus mengajak para taruna dan alumni untuk senantiasa meningkatkan kompetensi, menjaga profesionalitas, integritas, dan disiplin guna menjaga almamater tercinta. (omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari