Angkasa Pura 2

Panglima TNI dan Kapolri Beri Pembekalan bagi Capaja AAL Angkatan Ke-65 secara Virtual

SDMRabu, 8 Juli 2020
IMG-20200708-WA0080

Surabaya (Beritattans.com) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan Kapolri Jendral Polisi Drs.Idham Asiz M.Si memberi pembekalan kepada 750 orang Calon Perwira TNI dan Polri yang dilakukan secara virtual dari Aula Bhinneka Eka Bhakti Mako Akademi TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/7).

Sebanyak 97 Capaja AAL Angkatan Ke-65 yang terdiri dari 87 putra dan 10 putri mengikuti pembekalan ini dari gedung Maspardi, Kesartian AAL, Surabaya.

Tampak hadir mendampingi Capaja AAL saat menerima pembekalan diantaranya Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E, para Pejabat Utama AAL, pelatih dan pengasuh Taruna AAL lainnya.

Selain Capaja AAL, pembekalan ini juga diikuti 254 Capaja Akmil (234 putra dan 20 putri), 106 Capaja AAU (96 putra dan 10 putri) serta 293 Capaja Akpol (244 putra dan 29 putri).

Menurut Panglima TNI, bahwa pelaut yang ulung bukan lahir dari lautan yang tenang, tapi dari lautan dengan ombak yang besar dan badai. ungkapan diatas memiliki arti bahwa seorang yang sukses dan berjaya tidaklah instan, namun orang tersebut sudah melewati tantangan dan rintangan yang sangat besar, yang sangat berat yang sudah dia taklukan sehingga dia menjadi orang yang sukses.

IMG-20200708-WA0079

Panglima TNI juga mengingatkan pentingnya sinergi antara TNI dan Polri karena dua institusi ini aset bangsa.

“Ingat, para Taruna dan Taruni bahwa TNI-Polri adalah dua institusi besar aset strategis bangsa dan negara kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika,”ujarnya.

Menurut Hadi, sinergi ini menyimbolkan persatuan dan kesatuan anta7r lembaga. Dia juga menegaskan sinergi TNI-Polri adalah kunci keberhasilan menyelesaikan tugas negara.

“Ini menujukan kepada nasional dan internasional bahwa betapa persatuan dan kesatuan yang ditujukkan melalui sinergi TNI-Polri dan komponen bangsa lainnya adalah kunci keberhasilan sebagai bangsa, sehingga sekali lagi sinergi TNI-Polri adalah kunci menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan negara, itulah yang saat ini kita lakukan,” tegas Hadi.

Kapolri dalam pembekalannya mengucapkan selamat kepada 457 Capaja Akademi TNI dan 293 Polri yang sebentar lagi akan dilantik menjadi Perwira Remaja.

IMG-20200708-WA0078

Menurut Kapolri, sebagai perwira dituntut memiliki tanggung jawab kepada diri sendiri, institusi dimana mengabdi, negara dan bangsa serta kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kapolri juga mengingatkan agar prajurit TNI dan insan Bhayangkara harus selalu siap menghadapi perubahan dan dampaknya ditengah persaingan global saat ini.

“Apabila nanti kalian ditempat dinas yang baru jangan lupa kata-kata “tolong, terima kasih, dan mohon maaf” karena itu adalah bentuk dasar untuk menjadi seorang pemimpin yang bijak,” pungkasnya.(ny/Kabagpen AAL)