Angkasa Pura 2

Patung Melania Trump di Slovenia Dibakar saat Hari Kemerdekaan AS

FigurKamis, 9 Juli 2020
_113300315_mediaitem113300312

SLOVENIA (BeritaTrans.com) – Patung kayu yang berwujud Ibu negara Amerika Serikat (AS), Melania Trump dilaporkan terbakar di dekat kota kelahirannya di Slovenia.

Brad Downey, artis AS yang mendanai pendirian patung itu, mengatakan patung tersebut menjadi target pembakaran pada 4 Juli, Hari Kemerdekaan di AS.

Pematung yang berbasis di Berlin kemudian mengatur agar patung itu dipindahkan pada hari berikutnya.

Polisi mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa mereka tengah melakukan penyelidikan.

Gedung Putih sejauh ini belum memberikan komentar.

Patung Melania Trump diukir dari batang pohon di pinggiran Sevnica, kota kelahirannya di Slovenia tengah.

Patung itu menggambarkan Melania Trump mengenakan mantel biru yang mirip dengan yang ia kenakan saat pelantikan suaminya dengan tangan terangkat. Patung itu memantik perdebatan ketika didirikan pada Juli 2019.

Beberapa warga mencap patung itu “memalukan”, mereka mengatakan patung itu lebih mirip dengan karakter Smurf, Smurfette, daripada Melania Trump.

_113300319_mediaitem113300316
Patung Melania Trump didirikan tanggal 5 Juli 2019.(routers)

Downey mengatakan kepada Reuters dia ingin mengetahui siapa yang menargetkan patung itu dan mengapa.

Dia mengatakan dia berharap patung itu akan membuka dialog tentang situasi politik di AS, termasuk perdebatan sengit tentang imigrasi.

Melania Trump, seorang model yang besar di Slovenia, ketika itu adalah bagian dari Yugoslavia, datang ke AS sebagai seorang imigran pada 1990-an.

Patung di Slovenia menjadi sasaran ketika patung-patung pemimpin AS yang memiliki kaitan dengan perbudakan sedang dievaluasi sebagai hasil bagian dari refleksi nasional yang dipicu protes-protes anti rasisme.

Dalam pidato baru-baru ini, termasuk pidato Hari Kemerdekaannya, Presiden AS Donald Trump memberi komentar keras terhadap mereka yang merusak atau merobohkan patung-patung.

Sejak Trump terpilih sebagai presiden AS pada 2016, Sevnica telah menjadi magnet turis yang mencari informasi tentang tahun-tahun awal Melania Trump.

Penduduk setempat menjual berbagai barang dagangan dengan merek Melania, termasuk sandal, kue, dan burger yang dibuat seperti rambut Trump.

_108545334_hi056108704
Patung Trump dibakar pada Januari 2020.(afp)

Pada Agustus tahun lalu, patung kayu Presiden Trump didirikan di Slovenia, sebelah timur ibukota Ljubljana. Seperti patung Melania Trump, patung suaminya memicu perdebatan.

Berdiri setinggi hampir delapan meter, patung itu dibakar oleh pelaku pembakaran yang tidak dikenal pada Januari tahun ini. (fhm/sumber:bbc)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari