Angkasa Pura 2

Ramai di Medsos, Mobil China Dijual Seharga Rp37 Juta: Lihat Harga Aslinya

OtomotifKamis, 9 Juli 2020
Mobil Smart Fortwo.

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ramai di media sosial, promosi jual mobil asal China dengan harga yang cukup miring, tak sampai Rp40 jutaan. Mobil ini diklaim bermesin 1000-an cc tiga silinder DOHC yang bermerek Smart Fortwo.

Postingan ini sempat bikin warganet curiga mengingat harganya yang cukup miring.

Namun ada yang janggal dari iklan mobil tersebut. Menurut penelusuran, ada beberapa ketidak cocokan. Apa saja?

Bukan merek palsu, mobil Smart Fortwo memang benar-benar ada, hanya saja mobil ini merupakan buatan Jerman dari salah satu divisi perusahaan Daimler AG, dan bukan mobil China.

Selain itu, iklan di atas menyebutkan bahwa mobil ini dijual dengan harga Rp37 jutaan dalam kondisi baru.

Pada kenyataanya, dirangkum dari berbagai situs jual beli mobil di tanah air, mobil ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp180 jutaan hingga Rp250 jutaan, bahkan dalam kondisi bekas buatan tahun sekitar 2010.

Mobil di atas terlihat punya desain yang identik dengan Smart Fortwo tipe W451 yang mana diproduksi antara tahun 2007-2014.

Mobil tiga pintu ini aslinya hadir dalam tiga varian mesin, yakni yang berkapasitas 800 cc, 1000 cc dan 1000 cc berturbo.

Jika berbicara mengenai mobil China, jenis yang paling mirip dari mobil tersebut adalah Baojun E100 yang harga aslinya pun masih ada di kisaran Rp190-an juta.

Tak cuma itu, tahun 2018 lalu, beberapa blog dan media otomotif nasional sempat memberitakan iklan mobil sejenis yang lagi-lagi membawa nama Smart For Two bahkan dengan harga yang lebih miring, yakni Rp25 jutaan.

Tak heran beberapa warganet dibuat ragu dengan keaslian iklan tersebut. Berikut beberapa komentar di antaranya.

“Kalau ga salah smart turunannya benz mbah, pasti harganya ga main-main,” tulis Adam Karomy.

“Smart yg biasa ajaa harga pasarannya 150 keatas apalagi yang convertible kek pict di atas,” kata Fhadly Surya Ramdani. (ds/sumber Suara.com)