Angkasa Pura 2

Helikopter Taiwan Jatuh saat Latihan Militer, 2 Kru Tewas

KokpitKamis, 16 Juli 2020
154BF945_EB2F_4B75_85E4_4F92505C9423

TAIPEI (BeritaTrans.com) – Helikopter tempur Taiwan jatuh dalam latihan perang, Kamis (16/7/2020), menewaskan dua kru.

Kecelakaan terjadi dalam latihan militer untuk menguji seberapa tangguh kemampuan tempur wilayah tersebut dalam menghadapi invasi China.

Dikutip dari AFP, militer menyatakan, helikopter Bell 0H-58D jatuh dalam penerbangan pulang ke Pangkalan Udara Hsinchu, menewaskan pilot dan kopilot.

Latihan perang yang berlangsung 5 hari itu melibatkan jet-jet tempur, kapal perang, dan pasukan Angkatan Darat Taiwan, yang diskenariokan berusaha memukul mundur kekutan musuh untuk mendarat di pantai dan pusat kota Taichung. Sekitar 8.000 tentara Taiwan terlibat dalam latihan besar tersebut.

China menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya dan berjanji suatu saat akan merebut kembali, meskipun harus mengerahkan kekuatan.

Sementara itu Taiwan hidup di bawah ancaman invasi China sejak menyatakan berpisah dari daratan pada 1949 usai perang saudara.

Dalam bebearpa dekade, kemampuan tempur kedua pihak terus berkembang, namun jumlah tentara Taiwan masih jauh di bawah Tentara Pembebasan Rakyat China.

Selain itu China memperkuat tekanan ekonomi dan diplomatik terhadap Taiwan sejak Presiden Tsai Ing Wen berkuasa pada 2016. Dia bersikeras tak akan mengakui wilayahnya bagian dari Satu China. (lia/sumber:inews)