Angkasa Pura 2

Kepala BPSDMP Mewisuda 472 Perwira Transportasi Laut dengan Protokol Kesehatan

DermagaKamis, 16 Juli 2020
IMG-20200716-WA0024

IMG-20200716-WA0022

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Sugihardjo mewisuda 472 orang Perwira Transportasi Laut di lapangan Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, dengan menerapkan protokol kesehatan guna cegah penyebaran Covid-19, Kamis (16/7/2020).

Saat memimpin upacara, Sugihardjo menyampaikan, penyelenggaraan wisuda secara langsung dapat terselenggara setelah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di daerah.

“Saya apresiasi semua pihak yang terlibat dan berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan di tengah masa Pandemi Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan di area pendidikan secara disiplin,” ujar Sugihardjo.

Wisuda dengan pelantikan ini katanya, adalah sebuah kebanggaan bagi perwira siswa dan juga keluarga, di mana telah dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan siap bersaing dalam dunia kerja.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin berkembang di era new normal ini, wisuda yang biasanya dihadiri para orang tua dan kerabat wisudawan, kini dapat disaksikan dari lokasi masing-masing dengan menggunakan live streaming di berbagai platform media sosial melalui akun Youtube dan Instagram PIP Makassar.

“Dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis internet, keluarga tetap dapat menyaksikan secara langsung wisuda ini di kediaman masing-masing tanpa mengurangi khidmatnya acara yang merupakan kebanggaan atas keberhasilan putra-putri maupun anggota keluarga lainnya dalam menempuh pendidikan, dan ini juga merupakan salah satu upaya kita untuk menekan tingkat penularan Covid-19,” bebernya.

Sugihardjo juga menyoroti perkembangan teknologi yang terjadi pada industri maritim, di mana penyelenggaraan angkutan laut yang dulunya konvensional semakin hari semakin sarat teknologi bahkan pada sidang terakhir IMO telah ada gagasan teknologi otomasi di kapal.

Hal tersebut menuntut awak kapal dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut termasuk juga para perwira transportasi yang diwisuda pada hari ini.

Namun dia juga mengingatkan agar para lulusan tetap mempertahankan kemampuan teknis dan sikap profesional dengan menjunjung integritas tinggi dan dengan didasari filosofi dasar nautika dan teknika agar tidak salah dalam pengambilan keputusan.

“Penguasaan teknologi saat ini merupakan bekal penting yang harus dimiliki oleh seluruh lulusan sekolah pelaut BPSDMP agar mampu bersaing dengan pelaut luar negeri” ucap Sugihardjo.

Dia mengatakan, guna menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi ini, seluruh Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDMP, harus terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar dapat menghasilkan lulusan yang tangguh, profesional, mandiri, dan berwawasan global.

Saat ini BPSDMP terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dunia usaha agar para lulusannya dapat terserap di industri transportasi dengan mensinkronkan materi pembelajaran di kampus dengan perkembangan lingkungan strategis dan tuntutan dunia industri.

“Dengan pendekatan Quadruple Helix yaitu kerja sama antara pemerintah, industri, masyarakat, dan lembaga pendidikan, diharapkan mampu menciptakan lulusan yang kompeten dan profesional serta langsung dapat diserap oleh pasar industri,” imbuh Sugihardjo.

Kepada para wisudawan, dia mengucapkan selamat sekaligus mwnyampaikan pesan Bapak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar para lulusan mampu berkiprah dalam kancah industri pelayaran internasional.

Mereka juga harus ikut berperan aktif untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi poros maritim dunia, sebagaimana yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Kepada segenap civitas akademika Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras dan jerih payah dalam membimbing dan mendidik para wisudawan dan peserta diklat pelaut ini,” tutur Sugihardjo

Pada kesempatan yang sama Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makasar, Sukirno dalam laporannya menyampaikan upacara wisuda diikuti 472 wisudawan yang terdiri dari Ahli Nautika Tingkat 1 sebanyak 49 orang, Ahli Nautika Tingkat II berjumlah 37 orang, Ahli Nautika Tingkat III berjumlah 77 orang, Ahli Nautika Tingkat IV berjumlah 97 orang, dan Ahli Nautika Tingkat V berjumlah 18 orang.

Sedangkan untuk Ahli Teknika Tingkat I berjumlah 26 orang, Ahli Teknika Tingkat II berjumlah 42 orang, Ahli Teknika Tingkat III berjumlah 39 orang, Ahli Teknika Tingkat IV berjumlah 77 orang dan Ahli Teknika Tingka V berjumlah 10 orang.

Dia juga berterimakasih atas dukungan dan kebijakan Pimpinan BPSDM Perhubungan, Instansi Pemerintahan Sipil, Kepolisian, Militer dan seluruh Komponen Masyarakat di Wilayah Sulawesi Selatan dan Kota Makassar. (omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari