Angkasa Pura 2

Dataran Tinggi Dieng Membeku, Suhu Udara di Bawah Nol Derajat Celsius

5f1e3c9bb7793

BANJARNEGARA (BeritaTrans.com) – Fenomena embun es kembali terjadi di kawasan dataran tinggi Dieng, tepatnya Kompleks Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Karyawan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Aryadi Darwanto mengungkapkan, embun es atau yang disebut embun upas oleh warga lokal, muncul selama tiga hari berturut-turut, sejak Jumat (24/7/2020) hingga Minggu (26/7/2020) pagi.

“Jumat suhu udara 0 derajat celsius, ada embun es, tapi tipis. Kemudian Sabtu embun es lebih tebal, tapi tidak ada data yang akurat berapa suhunya,” kata Aryadi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (27/7/2020).

Aryadi memprediksi pada Sabtu malam suhu udara di kompleks Candi Arjuna di bawah 0 derajat celsius.

“Saya Sabtu malam naik ke Gunung Bisma, pukul 08.30 suhunya sudah 7 derajat celsius, sudah mulai turun (embun es),” ujar Aryadi.

Fenomena embun es, kata Aryadi, juga muncul pada Minggu pagi. Suhu udara pada pukul 04.30 WIB hampir mendekati 3,5 derajat celsius.

Namun berdasarkan pantauan Senin pagi ini, embun es tidak muncul di dataran tinggi Dieng.

“Kemarin embun es muncul di sekitar Candi Arjuna dan Telaga Balekambang, belum sampai ke perkebunan warga. Tanaman eceng gondok yang di telaga tertutup embun es,” kata Aryadi. (lia/sumber:kompas)