Angkasa Pura 2

Dirut Angkasa Pura II Jadi Pembicara Utama Webinar Kedubes Inggris Soal Strategi Bandara di Era New Normal

BandaraKamis, 6 Agustus 2020
762020173224

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Departemen Perdagangan Internasional Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris membesut webinar bertajuk “Airport New Normal and Post Covid-19 Strategy”.

Direktur Utama (Dirut) PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin tampil sebagai salah satu pembicara utama webinar yang digelar Kamis (6/8/2020) petang itu. Awaluddin menyajikan presentasi bertajuk Business Continuity Strategy to Cope With Covid-19 Pandemic.
762020173245
Selain Awaluddin, tampil sebagai pembicara Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, pakar penerbangan dari British Aviation Group dan Firrn, Mott MacDonald, dan Ketua Umum Ikatan Ahli Bandara Indonesia (IABI), Mohamad lksan Tatang.

Webinar itu digelar dengan melihat fakta dampak Covid-19 pada industri penerbangan belum pernah terjadi sebelumnya. Meskipun ada penurunan penting dalam aktivitas maskapai penumpang sejak pandemi, bandara-bandara besar harus tetap buka dan melanjutkan operasinya selama lockdown untuk memfasilitasi aktivitas kargo, repatriasi serta penerbangan kemanusiaan.

Karena pemerintah secara bertahap mencabut pembatasan dan mengurangi lockdown, sangat penting bagi bandara untuk mencari cara untuk mendapatkan kembali kepercayaan publik untuk bepergian dan menyediakan lingkungan yang lebih aman bagi penumpang dan staf. Pertanyaannya adalah “apa yang bisa dilakukan bandara, maskapai penerbangan, dan regulator untuk menghadapi era normal baru?”.

Webinar ini n fokus pada beberapa topik termasuk peluang dan tantangan yang dihadapi oleh bandara di Inggris dan Indonesia dan bagaimana pemerintah mendukung pemulihannya, strategi bagi operator bandara untuk menghadapi normal baru dalam membangun kembali kepercayaan penumpang, merancang aliran penumpang, menerapkan fasilitas tanpa sentuhan, dan menciptakan kebijakan, serta proyek bandara yang akan datang dan peluang UK Export Finance (UKEF) sebagai opsi pembiayaan.

UK Export Finance badan kredit ekspor pemerintah Inggris. Lembaga ini telah dianugerahi sebagai agen kredit ekspor global terbaik untuk 2019.

Trafik Naik

Diberitakan sebelumnya PT Angkasa Pura II (Persero) melaporkan terjadinya kenaikan traffic atau lalu lintas penerbangan di 19 bandara kelolaan perseroan, selama periode Juli 2020.

Sepanjang periode 1-31 Juli 2020, jumlah pergerakan penumpang di 19 bandara secara kumulatif mencapai 1,52 juta penumpang atau meningkat hingga 143% dibandingkan dengan 1-30 Juni 2020 sebanyak 627.576 penumpang.

Sementara itu pergerakan pesawat tercatat 21.431 pergerakan atau naik 65% dari sebelumnya 13.020 pergerakan. Adapun volume angkutan kargo juga meningkat 14% dari 43,162 juta kilogram menjadi 49,076 juta kilogram.

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, jumlah penumpang sepanjang Juli 2020 tercatat 897.559 penumpang atau naik 125% dibandingkan dengan Juni 2020 sebanyak 398.223 penumpang, dengan pergerakan pesawat naik 68% menjadi 12.270 pergerakan.

Utilisasi slot time di bandara-bandara perseroan juga semakin meningkat. Pada Juli 2020, utilisasi slot time di bandara-bandara perseroan mencapai sekitar 30%, seperti misalnya di Soekarno-Hatta yang mencapai 32%.

Pemulihan lalu lintas penerbangan pada tahun ini di tengah pandemi telah berlangsung sejak pertengahan Juni, sejalan dengan dukungan regulator melalui berbagai kebijakan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat di bandara dan pesawat sehingga menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan nasional. (awe).