Angkasa Pura 2

Ini 5 Kursi di Pesawat yang Jadi Incaran Penumpang

KokpitJumat, 7 Agustus 2020
images - 2020-08-07T223414.754

Jakarta (BeritaTrans.com) – Kenyamanan saat bepergian menjadi hal utama yang harus diperhatikan bagi traveler. Tak terkecuali saat traveling menggunakan pesawat. Apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh, maka kenyamanan selama di pesawat menjadi penting untuk diperhatikan agar kamu tak kelelahan saat sampai tujuan.

Bagi kamu yang terbang dengan kelas bisnis maupun first class, mungkin memilih kursi di pesawat tak terlalu jadi persoalan. Sebab, kursi untuk kelas bisnis dan first class memang dirancang senyaman mungkin.

Namun, bagaimana jika harus terbang dengan kelas ekonomi? Nah, solusinya yaitu kamu harus cerdik dalam memilih kursi dalam pesawat. Ada lima kursi di dalam pesawat, khususnya kelas ekonomi yang selalu jadi incaran para penumpang.

Kelima posisi kursi ini dinilai punya tingkat kenyamanan yang lebih baik ketimbang kursi-kursi lain. Kursi mana, nih, yang selalu jadi rebutan?

Pertama, kursi yang ada di dekat jendela emergency exit. Kursi ini jadi rebutan karena punya ruang kaki yang lebih luas. Kursi ini sangat cocok bagi kamu yang melakukan penerbangan jarak jauh, sebab dengan ruang kaki yang lebih luas, kamu bisa mengistirahatkan kaki dengan lebih nyaman dan rileks.

Jadi kamu tak perlu khawatir kaki akan terasa pegal-pegal karena harus duduk selama berjam-jam.

Tetapi, karena letaknya dekat jendela darurat, tidak sembarang penumpang boleh duduk di kursi ini, lho. Hanya orang-orang yang sehat secara fisik jasmani dan bersedia membantu penumpang lain saat terjadi keadaan darurat saja yang dipersilakan duduk di kursi ini.

Kursi kedua yang jadi rebutan adalah kursi yang ada di area sayap pesawat. Sebab, duduk di kursi ini ternyata bisa mengurangi efek turbulensi. Selain merupakan sentral dari kekuatan pesawat, sayap memang dirancang kokoh lantaran menjadi tempat tangki bahan bakar.

Dengan kekuatan struktur yang merupakan persilangan dari fuselage (body pesawat) dan sayap, maka penumpang yang berada di dekat sayap akan mendapatkan efek stabilitas lebih tinggi dari penumpang di bagian kabin lainnya.

Kursi ini juga cocok bagi kamu yang punya phobia ketinggian. Sebab, saat melihat ke luar jendela, alih-alih melihat ke bawah yang jaraknya puluhan ribu kaki, kamu bisa mengalihkan rasa takutmu dengan melihat ke arah sayap pesawat.

Ketiga, kamu bisa memilih duduk di kursi bagian kiri kabin. Sebab, dengan mendapat kursi di bagian ini kamu bisa mempersingkat waktu antrean saat pengecekan paspor.

Selanjutnya, untuk yang melakukan penerbangan jauh, kamu bisa memilih kursi yang ada di bagian tengah pesawat. Kursi di bagian tengah dinilai lebih tenang, sehingga cocok untuk beristirahat saat penerbangan jauh.

Terakhir, kamu bisa memilih kursi terdepan sebelum kelas bisnis. Kursi ini juga mempunyai ruang kaki yang cukup lega. Bagi kamu yang traveling membawa bayi, kursi ini juga menyediakan penyangga baby bassinet. Selain itu, saat akan keluar pesawat, kamu juga tak perlu terlalu lama mengantre. (lia/sumber:kumparan)