Angkasa Pura 2

Kepala BPSDMP: Jadikan Pandemi Covid-19 Peluang Perguruan Tinggi Berinovasi

SDMJumat, 7 Agustus 2020
IMG-20200807-WA0028

IMG-20200807-WA0027

MADIUN (BeritaTrans.com) – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Sugihardjo mengungkapkan agar jadikan pandemi Covid-19 sebagai peluang perguruan tinggi di lingkungan Kemenhub untuk berinovasi.

Hal itu disampikan di sela mengikuti rangkaian peringatan Dies Natalis ke-6 Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun yang mengusung tema “Giving for Growing” atau Bertambah untuk Bertumbuh yang digelar dengan protokol kesehatan serta mengadaptasi tatanan kehidupan baru.

Acara yang diikuti seluruh Civitas Akademika PPI Madiun ini diawali dengan kegiatan Fun Bike 15 km dari Balaikota Madiun menuju Kampus PPI Madiun. Hadir Walikota Madiun Maidi.

“Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia saat ini mendorong perubahan tatanan kehidupan baik itu dalam bidang sosial, ekonomi, politik, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan,” ujar Sugihardjo di Madiun, Jumat (7/8/2020).

Untuknya harus disikapi sebagai tantangan sekaligus peluang bagi seluruh Perguruan Tinggi Kemenhub untuk mampu berinovasi dengan memanfaatkan teknologi dalam penyelenggaraan perkuliahan, tanpa mengurangi kualitas lulusan.

“Untuk mampu bersaing dalam dunia usaha dan industri baik nasional dan internasional, PPI Madiun harus terus berupaya dan bekerja keras meningkatkan kualitas sarana, prasarana, bahan ajar, serta kemampuan tenaga pendidik secara kontinyu,” ujarnya.

Dia berpesan agar PPI Madiun dapat bekerja dengan pendekatan Quadruple Helix yaitu dengan melakukan kerja sama antara pemerintah, industri, masyarakat dan lembaga pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional langsung dapat diserap oleh industri atau dunia kerja.

Sugihardjo juga menambahkan bahwa beberapa hari lalu sebanyak 170 Taruna/i PPI Madiun tingkat akhir telah mengikuti rangkaian seleksi/rekrutmen pegawai oleh PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China), untuk posisi Train Driver dan Operation Control Center.

“Ini merupakan wujud sinergitas dan kolaborasi yang baik antara Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan dengan industri, sehingga para taruna kita dapat di terima pasar, bahkan sebelum mereka menyelesaikan pendidikannya,” tutur Sugihardjo.

Secara khusus Sugihardjo mengajak seluruh Civitas Akademika PPI Madiun untuk meningkatkan partisipasinya membangun komunitas intelektual yang amanah, mampu menguasai dan terampil memanfaatkan ilmu pengetahuan serta teknologi untuk mewujudkan masyarakat serta bangsa yang adil dan makmur berlandaskan moralitas yang baik.

“Pada masa yang akan datang, PPI Madiun harus menjadi salah satu sumber inspirasi pembaruan bangsa dengan kekuatan moral dan intelektual yang kokoh dan seimbang melalui pengembangan karakter”, tambah Sugihardjo.

Pada kesempatan itu juga Sugihardjo mengucapkan selamat atas terselenggaranya Rangkaian Dies Natalis ke-6, Ia berharap agar PPI Madiun dapat meningkatkan solidaritas dan semangat gotong royong agar mampu berkontribusi secara nyata dalam mendukung program pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

IMG-20200807-WA0026

“BPSDM Perhubungan akan terus mendorong PPI Madiun dalam mewujudkan cita-citanya menjadi kampus terbaik yang mencetak SDM unggul di bidang perkeretaapian,” kata dia.

Walikota Madiun, Maidi, mengucapkan selamat atas bertambahnya usia PPI Madiun dan berterimakasih telah mendukung Pemerintah Kota Madiun dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19 dengan memberikan bantuan berupa peralatan cuci tangan hasil karya PPI Madiun kepada Universitas Darusalam (Unida) Gontor.

“Selamat kepada PPI Madiun yang kini genap berusia enam tahun semoga menghasilkan lulusan yang bisa memajukan Indonesia di sektor perkeretaapian,” ungkap Maidi.

Di akhir acara dilakukan penandatangan Kesepakatan Bersama (MoU) antara PPI Madiun dengan Universitas Darusalam (Unida) Gontor untuk saling bersinergi dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Usaha. (omy)