Angkasa Pura 2

Sebelum Kecelakaan di Tol Cipali, Penumpang Elf itu Tidur Setelah Berangkat dari Bekasi

KoridorSenin, 10 Agustus 2020
q9xqvireqalwo09fd37v

CIREBON (BeritaTrans.com) – Kepolisian memperoleh sejumlah fakta dalam peristiwa kecelakaan maut yang melibatkan elf dan minibus jenis Toyota Rush di KM 184 Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (10/8/2020).

Microbus yang membawa 16 orang penumpang tujuan sejumlah Brebes dan Tegal, Jawa Tengah, melaju dalam kecepatan tinggi dan hilang kendali hingga masuk ke jalur berlawanan, lalu menghantam Toyota Rush yang berpenumpang 8 orang, termasuk sopir.

Dugaan sementara kecelakaan yang menewaskan 8 orang itu karena sopir microbus elf mengantuk. Polisi masih meminta keterangan sejumlah saksi korban yang selamat, termasuk dari penumpang elf yang mayoritas sedang tertidur lelap saat kejadian.

“Tadi saya mengobrol dengan salah seorang penumpang yang sadar asal Brebes. Penumpang elf ini duduknya paling belakang. Waktu kejadian kondisinya sedang tidur,” kata Dirgakkum Korlantas Mabes Polri Brigjen Pol Kushariyanto usai menjenguk korban selamat yang saat ini ditangani di RS Mitra Plumbon Cirebon.

“Memang kebanyakan penumpang (elf) saat itu kondisinya sedang tertidur,” kata Kushariyanto menambahkan.

Kushariyanto mengatakan, elf yang mengangkut 16 penumpang itu berangkat dari Bekasi sejak sore kemarin. Namun, pola penjemputannya dilakukan dengan mendatangi langsung penumpang. Sehingga memakan waktu yang lama.

“Tujuan akhirnya ada yang Tegal, Brebes, ya Jateng lah. Jadi, ada yang tidur setelah naik dari Bekasi. Begitu kejadian crush (tabrakan) mereka (penumpang) sadar,” kata Kushariyanto.
Sebelumnya, Polda Jabar dan Polresta Cirebon sudah melakukan olah TKP. Barang bukti, termasuk dua kendaraan yakni elf dan minibus jenis Toyota Rush sudah diamankan petugas.

“Dugaannya mungkin mengantuk. Karena elf itu belok ke kanan, menyeberang ke jalur sebelah. Ke jalur B (Jateng-Jakarta),” kata Kushariyanto.(amt/kumparan.com/foto:ciremaitoday)