Angkasa Pura 2

Suhu 40 Derajat, Pantai dan Danau di Eropa Barat Dikunjungi Warga untuk Mendinginkan Diri

Destinasi Lingkungan & KehutananSelasa, 11 Agustus 2020
54503412_303

BERLIN (BeritaTrans.com) – Negara-negara Eropa barat berjuang hadapi gelombang panas yang hampir menyentuh 40 derajat Celcius. Orang-orang pergi ke pantai atau danau untuk mendinginkan diri. Kekhwatiran jaga jarak sosial di tengah pandemi mencuat.
54503460_303
Suhu di sejumlah wilayah di Jerman telah melampaui 38 derajat Celcius. Masih banyaknya warga Jerman yang tengah menjalani libur musim panas dan masih adanya pembatasan perjalanan ke luar negeri, membuat otoritas Jerman khawatir orang-orang akan pergi ke danau dan mengabaikan jaga jarak sosial. Namun, keramaian orang ternyata lebih sedikit dari yang diperkirakan.

Risiko kebakaran
54503444_303
Warga Jerman tengah pesta barbeque di Freiburg (picture-alliance/dpa/P. von Ditfurth)

Meningkatnya suhu dan sedikitnya curah hujan membuat negara-negara di Eropa menghadapi ancaman risiko kebakaran hutan.

Terlepas dari potensi ancaman ini, warga Jerman memanfaatkan liburan musim panas untuk barbeque di taman. Ada peringatan bahwa hujan deras akan melanda seantero negeri dalam beberapa hari mendatang.

Inggris pecahkan rekor terpanas
54503412_303
Seorang pria terjun ke laut di Brighton, Inggris (picture alliance / ZUMAPRESS.com)

Di sebagain wilayah di Inggris, temperatur udara mencapai 36 derajat Celcius. Angka ini jadi suhu terpanas di bulan Agustus dalam waktu 20 tahun terakhir di sana. Meski Inggris jadi salah satu negara di Eropa dengan kasus COVID-19 terbanyak, para pelancong tetap mengunjungi tempat wisata pinggir laut populer di Brighton.

Tak ada wisatawan asing
54503379_303
Seorang ibu dan anaknya bergandengan tangan di De Haan (picture-alliance/AP Photo/F. Seco)

Belgia kembali menerapkan peringatan perjalanan kepada seluruh negara Eropa, termasuk Jerman. Hal ini dikarenakan kembali melonjaknya kasus COVID-19 di kota Antwerp.

Malahan, masyarakat Belgia memanfaatkan kesempatan ini untuk pergi ke pantai yang sepi dari wisatawan asing untuk mendinginkan diri karena suhu udara yang bisa mencapai lebih 30 derajat Celcius di sana.

Prancis keluarkan peringatan gelombang panas
54503396_303
Seorang wanita mengenakan masker wajah di depan Museum Louvre (picture alliance / Xinhua News Agency)

Tak lama setelah Prancis mengeluarkan aturan wajib masker, kota Paris diprediksi akan menghadapi ancaman gelombang panas.

Peringatan pun disampaikan oleh pemerintah Prancis. Meski dilanda panas, para turis harus tetap wajib memakai masker dan menjaga jarak sosial.

Laut Baltik jadi tujuan
54503428_305
Perairan Laut Baltik yang dipenuhi pengunjung (picture-alliance/L. Perenyi)

Pihak berwenang di negara bagian Schleswig-Holstein, Jerman, meminta pengunjung pantai untuk tetap mematuhi peraturan jaga jarak sosial. Banyak yang khawatir pengunjung pantai-pantai di sana akan membludak. Libur musim panas sekolah akan segera berakhir dan keluarga biasa memilih berlibur di Laut Baltik di utara Jerman yang terkenal akan suhu dinginnya.

Penulis: Elliot Douglas (dw.com).