Angkasa Pura 2

Begini Kontribusi Nyata Pelindo I pada Lingkungan dan Pendidikan

Dermaga Ekonomi & BisnisRabu, 12 Agustus 2020
IMG-20200812-WA0044

IMG-20200812-WA0042

MEDAN (BeritaTrans.com) – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I terus mewujudkan kepedulian dan komitmen untuk berkontribusi nyata bagi dunia pendidikan dan kelestarian lingkungan, khususnya kelestarian ekosistem laut di wilayah pesisir Belawan yang menjadi wilayah kerja Pelindo I.

Kontribusi nyata yang telah digulirkan Pelindo I diantaranya bantu Rp17 juta untuk Rumah Baca tahap I, delapan set alat pangkas, 2020 bibit mangrove dan pangkas gratis 75 anak.

Dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan ini dan dalam rangka menyambut HUT ke-75 Indonesia, Pelindo I hadir dengan melakukan rangkaian program CSR (Corporate Social Rensposibility) dengan tema “Cintai Mangrove Sejak Dini”, yang diisi dengan berbagai kegiatan menarik.

“Diantaranya penanaman 2.020 bibit mangrove, bantuan delapan set alat pangkas, bantuan untuk Rumah Baca Merah Putih sebesar Rp17 juta tahap I dan Rp13 juta tahap II, serta pangkas gratis untuk 75 orang anak,” urai Direktur Utama Pelindo I, Dani Rusli Utama di Danau Siombak, Rabu (12/8/2020).

Penanaman mangrove ini dilakukan di dua lokasi, yaitu di sepanjang pesisir Danau Siombak, Kec. Medan Marelan dan muara sungai Bagan Deli, Kec. Medan Belawan.

Diharapkan dengan penanaman mangrove ini dapat memperkuat pesisir dan mengurangi abrasi pantai, dan berdampak multiguna bagi perekonomian masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini kita juga mengedukasi masyarakat dan anak-anak yang merupakan generasi muda, agar peduli pentingnya menjaga ekosistem laut bagi kelestarian lingkungan kita, dimana hal ini adalah salah satu bentuk kontribusi kita bagi negara.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan Pelindo I.

“Hutan mangrove sangat berfungsi sebagai pagar terdepan menjaga garis pantai, kemudian juga berguna sebagai tempat berkembang biak biota laut, hingga menyediakan ekosistem alami serta memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat di sekitarnya,” jelas Irjen Pol Martuani.

Dia juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan menanamkan kecintaan mangrove sejak dini kepada anak-anak kita, guna memberikan kesehatan bagi keluarga dan anak cucu kelak.

“Bantuan ini akan dimanfaatkan untuk renovasi fasilitas Rumah Baca Danau Siombak dan penambahan buku-buku sehingga anak-anak yang belajar didalamnya mendapatkan akses perpustakaan dan buku yang baik,” tambah VP Public Relations Pelindo I, Fiona Sari Utami.

IMG-20200812-WA0043

Anak-anak yang mendapatkan bantuan pangkas gratis ini juga dibekali dengan edukasi tentang peran penting pelabuhan dan dunia maritim yang bertujuan menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap dunia maritim sejak dini.

“Selain itu kami juga mengajarkan tentang pedoman protokol kesehatan serta edukasi manfaat tanaman mangrove bagi kelestarian lingkungan yang dibawakan oleh Wibi Nugraha, penggiat manvrove di Kota Medan dan Erlianto, penggiat mangrove di Taman Wisata Danau Siombak,” ungkapnya. (omy)