Angkasa Pura 2

Awaluddin: Penumpang Pesawat Didominasi Perjalanan Dinas

Bandara KokpitKamis, 13 Agustus 2020
IMG-20200813-WA0005

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin menyatakan, saat ini penumpang pesawat masih didominasi masyarakat yang melakukan perjalanan dinas.

“Sejak April hingga Juni 2020, perjalanan penumpang kategori pariwisata prosentasenya sangat kecil dan lebih banyak yang melakukan perjalanan dinas,” ujar Awaluddin dalam diskusi online, ditulis Kamis (13/8/2020).

Untuk traveler wisatawan hingga Juli 2020 ini masih di angka 15% dan sisanya 85 persen perjalanan dinas dan bisnis.

Untuknya, perlu adanya kerja sama yang baik antarstakeholder industri penerbangan agar masyarakat kembali percaya diri menggunakan angkutan udara.

“Bila tidak ada kolaborasi, maka sulit untuk membuat masyarakat kembali percaya menggunakan pesawat untuk berpergian,” ungkapnya.

Semua pihak yanh berkecimpung di industri penerbangan harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa angkutan udara menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Lebih lanjut menurutnya, saat ini maskapai dan pihak bandara juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menjamin penumpang aman terpapar dari Covid-19.

“Upaya tersebut dengan menerapkan jaga jarak aman, melakukan disinfektan terhadap pesawat ataupun di terminal bandara serta ada adanya health screening untuk para penumpang,” imbuh Awaluddin. (omy)