Angkasa Pura 2

Bersama Kemenhub, Pemprov DKI dan Grab Hadirkan Kembali Grab Wheels di Jakarta

Another News KoridorKamis, 13 Agustus 2020
Screenshot_20200813-105429

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sempat berhenti beroperasi karena adanya pengguna GrabWheels yang dianggap ceroboh dan mengalami kecelakaan. Kini, untuk yang kedua kalinya Grab bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta Hadirkan GrabWheels kembali untuk Dorong Adaptasi Kebiasaan Baru bagi Ekosistem Transportasi.

Dalam mendorong adaptasi kebiasaan baru yang lebih aman, sehat, dan hijau, Dishub DKI Jakarta dan Grab menghadirkan GrabWheels sebagai solusi mobilitas first-mile-and-last-mile pribadi masyarakat di beberapa titik di daerah DKI Jakarta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi hadirnya Grab Wheels di Jakarta tersebut.

Menurutnya saat ini situasi perkotaan semakin bising, semakin penuh polusi, namun dengan adanya Grab Wheels menjadi solusi kendaraan antarmoda, baik itu MRT, LRT dan KRL.

“Dengan hadirnya ini, Insyaaallah disediakan di satu stasiun, operator tetap bisa menggunakan ini dan enggak ada polusi,” katanya dalam acara relauncing GrabWheels di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Dia juga melihat penggunaan kandaraan listrik ini semain banyak penggemar, maka dari itu harus ditingkatkan faktor kemanan dan keselamatan terhadap penggunanya ataupun pengguna jalan yang lain.

“Grab Wheels sudah tranding banyak anak yang menggukannya, yang terpenting tentu saja keselamatan,”sambungnya.

Dia menyebut ada dau hal yang harus diperhatikan, yang pertama, Pemerintah DKI Jakarta harus memberikan atau menyediakan fasilitas jalan yang bisa dilalui Grab Wheels. Dan yang ke dua yaitu dari penegakan hukum agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ada dua hal yang diperhatikan, yang satu DKI harus memberikan jalan yang bisa dilalui Grab Wheels dan yang ke dua dari penegakan hukum yaitu dari Kapolda maupun Kadishub,” katanya.

Dia juga menegaskan bahwa segala sesuatu sudah harus dipersiapkan dengan baik untuk pengguna antarmoda sampai ke tujuan.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, menyatakan diresmikannya Grab Wheels mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No.45 Tahun 2020, tentang kendaraan tertentu yang menggunakan penggerak motor listrik.

“Ini menjadi solusi untuk mobilitas masyarakat Indonesia khususnya di masa pandemi ini, yang ramah lingkungan tapi juga menjadi solusi mobilitas first-mile-and-last-mile masyarakat kepada kendaran masal publik,” kata Ridzki.

Pihaknya menilai sejak kemunculannya dari awal Mei 2019, antusias masyarakat terhadap kendaraan listrik sangat meningkat. Hal itu tentu untuk mendorong berkurangnya terhadap mobilitas kendaraan pribadi.

Pihaknya juga akan miningkatkan faktor keamanan pengguna Grab Wheels, “Kami akan menajamkan kembali faktor-faktor keselamatan, misalnya ada cek penggunaan helm atau tidak,” katanya.

GrabWheels dapat ditemukan di tujuh lokasi seperti Thamrin 10, Intiland Tower, Blok M Square, Blok M Mall, Kuningan City, Lotte Shopping Avenue, dan Gedung BRI 2 dan akan terus berkembang di masa mendatang. Dengan mengoperasikan sebanyak 200 unit.

Pihak Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Badia Wijaya juga menyambut baik penucuran ini, dan sip memberikan perlindungan dan atiran terhadap penggunaan Grab Wheels ini.
Saat ini “Polda Metro mendapatkan bantuanĀ  30 unit untuk kegiatan operasional. Tentunya itu bisa digunakan untuk membantu kegiatan kepolisian.”ujar Badia. (fhm)