Angkasa Pura 2

Penumpang Angkutan Penyeberangan Diimbau Tiba di Pelabuhan 2 Jam Sebelum Keberangkatan

DermagaKamis, 13 Agustus 2020
IMG-20200813-WA0068

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Penumpang angkutan penyeberangan diimbau tiba di pelabuhan dua jam sebelum keberangkatan.

“Dengan datang dua jam sebelum keberangkatan maka penumpang dapat lebih leluasa mengikuti antrean,” jelas Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Calon penumpang yang membeli tiket diminta agar mengatur waktu perjalanannya yakni melakukan check-in dan cetak boarding pass di pelabuhan maksimal dua jam sebelum keberangkatan.

Namun bagi penumpang yang jadwal keberangkatan, misalnya pukul 17.00, tapi telah tiba di pelabuhan pukul 12.00, itu juga belum bisa check in.

“Bila calon penumpang telat dan kondisi pelabuhan normal maka tiket hangus dan sudah tidak ada penjualan di pelabuhan. Jadi harus beli ulang via online,” kata dia.

Akan tetapi bila ada kendala yang dihadapi yang dapat menyebabkan keterlambatan, dapat melakukan reschedule tiket. Reschedule tiket dilakukan paling lambat dua jam sebelum jadwal keberangkatan.

Untuk diketahui, pemesanan tiket, bisa dilakukan mulai H-60 sampai dengan maksimal lima jam sebelum keberangkatan

Penerapan layanan digital ini telah dilakukan pada empat pelabuhan penyeberangan utama. Yakni, Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Pada tahun ini akan ada tambahan lima pelabuhan penyeberangan, menggunakan sistem online  sehingga totalnya menjadi sembilan pelabuhan.

“Kami targetkan pada akhir 2022 dipastikan  seluruh pelabuhan penyeberangan hanya melayani pembelian tiket secara online,”  tuturnya.

Shelvy optimistis, upaya sosialisasi yang dimulai dari empat pelabuhan utama, akan mampu mempercepat terwujudnya pelayanan secara online di seluruh pelabuhan penyeberangan di Indonesia.

Namun pihaknya juga menyadari tidak semua anggota  masyarakat melek teknologi.  

“Untuknya kami secara khusus telah menyiapkan petugas  atau stopper yang bertugas memberikan arahan kepada calon penumpang dalam membeli tanpa uang tunai,” ujarmya.

Selain melalui ferrizy, pembelian tiket perjalanan juga bisa melalui mini market Alfamart untuk memudahkan pengguna jasa. (omy)