Angkasa Pura 2

Transjakarta Raih Penghargaan GRC

Another News KoridorJumat, 14 Agustus 2020
A14E55F7-A330-4B29-96FA-00D0A06FBE66

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pihak PT Transjakarta meraih penghargaan Goverment Riak and Compliance (GRC) dalam memberikan layanan yang lebih baik bagi warga DKI hingga Jabodetabek.

Hal itu diungkapkan Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), Nadia Diposanjoyo, dalam percakapan dengan wartawan.

Diungkapkan, Transjakarta menjadi satu satunya perusahaan murni milik daerah (BUMD) yang meraih penghargaan bergengsi Governance, Risk and Compliance (GRC) 2020 & Performance Excellence Award.

Penghargaan yang diterima pekan lalu, di auditorium TVRI ini diberikan atas upaya Transjakarta menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dengan mengintegrasikan unsur resiko dan kepatuhan dalam pengoperasianya.

Tidak tanggung-tanggung, Transjakarta juga membawa pulang predikat “Best Corporate Performance Excellence” pada ajang kompetisi yang di ikuti oleh 200 perusahaan swasta dan BUMN di Indonesia.

“BUMD rasa BUMN” adalah predikat yang diberikan dewan juri kepada Transjakarta pada saat akhir penilaian terhadap berbagai upaya tata kelola dan manajemen resiko yang dilakukan oleh Transjakarta.

Sejak diubah statusnya menjadi badan usaha perseroan oleh Joko Widodo (Jokowi) yang menjabat sebagai Gubenur DKI Jakarta pada tahun 2014, pembenahan terus dilakukan di dalam tubuh Transjakarta agar dapat beroperasi dengan baik dan berkelanjutan dalam melayani kebutuhan warga DKI akan transportasi tentunya dengan standar pelayanan yang sama seperti negara negara maju lainya.

Nadia memaparkan, keseriusan Transjakarta dalam perbaikan tata kelola ini tidak main main.

Percepatan pembenahan dilakukan secara aggressive mulai tahun 2018 – 2019, demikian diungkapkan Nadia.

“Transjakarta memiliki perangkat pengen dali internal, perangkat pengelolaan resiko, perangkat perencanaan dan strategi korporasi, perangkat pengawasan internal dan perangkat corporate secretary sebagai landasan tata kelola yang kuat”, katanya.

Berbagai perangkat ini bersinergi dengan baik kedalam sistim operasional Transjakarta hingga mampu mencatatkan peningkatan signifikan dalam berbagai kegiatan operasionalnya.

Ajang penghargaan ini digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia bekerjasama dengan CEO Forum serta didukung oleh pakar profesional di bidang GCG.

Penilaian GRC adalah penilaian system governance, risk dan compliance menggunakan standar internasional. Ini artinya pemenang daripada kompetisi ini telah menjalankan berbagai unsur kepatuhan, tata kelola dan manajemen resiko menggunakan standar yang tidak main main.

Dalam hal GRC, Transjakarta kini dapat disandingkan dengan perusahaan BUMN dengan tata kelola GRC terbaik lain seperti PT Jasa Marga (Persero), Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, PT Pelabuhan Indonesia II.

Penghargaan ini sangat disyukuri oleh seluruh insan Transjakarta dan menjadi pemicu untuk terus memberikan layanan yang lebih baik bagi warga DKI hingga Jabodetabek dan tentunya menjadikan GRC sebagai gen DNA yang terpatri dalam setiap hembusan nafas operasional Transjakarta.

Perjalanan panjang yang sudah dilalui Transjakarta dalam upayanya melayani warga DKI untuk berpindah dari satu titik ke titik lainya dengan transportasi massal terintegrasi tak luput dari bimbingan Gubernur DKI terdahulu dan berbagai unsur dinas dari propinsi DKI yang berkomitmen untuk menata Jakarta sebagai kota yang maju dan berketahanan.

Perjalanan Transjakarta terus dimutakhirkan hingga meraih berbagai penghargaan bergengsi di kelas nasional maupun Internasional pada tahun 2019 – 2020 ini.

Akhir 2019, Transjakarta mengoperasikan 274 rute, berkolaborasi dengan 18 operator bus dan koperasi bus kecil untuk memberikan layanan first mile last mile terintegrasi, menjangkau 85% wilayah DKI.

Bersamaan dengan hal tersebut, Penghargaan Sustainable Transport Award diraih Transjakarta pada tahun 2019 disusul dengan penghargaan Tom Tom Traffc Index penurunan kemacetan di DKI, disematkan sebagai pemilik Wow Brand dan Better Brand serta penghargaan “Revolusi Mental 2019″ oleh Presiden Republik Indonesia.

Awal tahun 2020, Transjakarta kembali dinobatkan sebagai pemilik Wow Brand, meraih Top Digital Innovation Award, dan Rail, Infrastructure & Digital Mobility Business Award (Rimbda) Untuk Bus Rapid Transit dan menyabet GRC Award 2020. (dan/tribunnews)