Angkasa Pura 2

BMKG Prediksi Gelombang 4 Meter Terjadi di Perairan Aceh

Another News Lingkungan & KehutananSabtu, 15 Agustus 2020
images (92)

BANDA ACEH (BeritaTrans.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh memperkirakan gelombang laut setinggi 4 meter lebih membanyangi perairan Aceh. Kondisi ini akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

“Waspada potensi gelombang laut tinggi di wilayah perairan utara Sabang, barat-selatan Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, dan sekitarnya dapat mencapai empat meter lebih,” kata Kepada Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh, Zakaria Ahmad, Sabtu (15/8/2020).

Zakaria menambahkan, gelombang laut di wilayah perairan Selatan Malaka bagian utara berkisar 1-1,5 meter, perairan utara-timur Aceh antara 0,5 sampai 1,25 meter, dan perairan Sabang-Banda Aceh 0,5 hingga satu meter.

Secara umum gelombang tinggi, lanjut dia, terjadi akibat tumbuhnya awan-awan konvektif atau awan hujan di atmosfer perairan Aceh, selain belokan arah angin yang bersifat konvergen. Sehingga menyebabkan perlambatan massa udara pada atmosfer di provinsi paling barat Indonesia ini.

“Akibat adanya perlambatan massa udara ini, maka uap air yang terbawa angin terkumpul jadi satu. Kondisi ini menyebabkan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai angin kencang,” kata dia.

Zakaria melanjutkan, dari prediksi BMKG, wilayah yang berpotensi dilanda angin kencang dengan kecepatan 30 hingga 50 kilometer per jam atau lebih ketika cuaca buruk terjadi di pesisir barat-selatan, Simeuleu, Pulau Aceh, Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, dan Pidie, bagian utara terutama di pesisir.

“Hingga akhir pekan ini, angin kencang dengan arah mayoritas dari tenggara ke arat laut, lalu barat daya ke timur laut dengan kecepatan 10 sampai 20 kilometer per jam secara umum dirasakan di wilayah utara-timur Aceh. Bahkan kecepatan tersebut, bisa meningkat 50 kilometer per jam saat terjadi cuaca buruk,” kata dia.

Sementara itu, wilayah yang berpeluang dilanda hujan ringan hingga sedang terjadi secara tidak merata, di antaranya Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, Sabang, Aceh Timur, Lhokseumawe, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, dan Aceh Utara.

“Warga yang tinggal di Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Subulussalam agar meningkatkan kewaspadaan. Karena berpotensi dilanda angin kencang, hujan sedang hingga lebat disertai petir,” katanya. (fhm/sumber:inews)