Angkasa Pura 2

Hilang di Laut, 2 Gadis Ditemukan Selamat Usai 15 Jam Mengapung di Jaring Lobster

DermagaSabtu, 15 Agustus 2020
3054355727

DUBLIN (BeritaTrans.com) – Dua gadis bersaudara yang hilang saat melakukan paddleboard di lepas pantai barat Irlandia, ditemukan mengapung di pelampung jaring lobster.

Laporan media setempat yang dilansir AFP Jumat (14/8/2020) mengatakan, keduanya terapung di laut selama 15 jam.

Penjaga Pantai Irlandia mengatakan, kedua gadis itu masing-masing berusia 17 dan 23 tahun.

Mereka berhasil dievakuasi pada Kamis (13/8/2020), setelah dilaporkan hilang pada malam sebelumnya.

Pencarian saat itu gencar dilakukan via udara dan laut selama semalam di Teluk Galway.

Mereka berhasil bertahan hidup meski diguyur hujan lebat dan angin kencang tanpa pakaian selam, meski mereka mengenakan alat bantu apung, kata Bary Heskin dari layanan sekoci RNLI kepada radio dan tv pemerintah Irlandia RTE.

Keberadaan dua bersaudara itu ditemukan seorang nelayan, sejauh 27 kilometer dari lokasi terakhir mereka terlihat.

RTE melaporkan, nelayan itu sedang berlayar bersama putranya yang berusia 18 tahun, saat menemukan kedua gadis itu mengapung di pelampung jala lobster.

“Mereka melambaikan dayung mereka, mereka melihat kami, mereka tetap melambai dan kemudian kami angkut,” kata nelayan Patrick Oliver kepada RTE.

“Mereka dalam kondisi lemah dan kelelahan, tetapi masih bisa duduk dan kamu sedikit mengobrol dengan mereka,” katanya.

Oliver menambahkan, dia dan putranya telah membawa kedua gadis itu ke sebuah pulau, di mana mereka kemudian dijemput dengan helikopter dan dibawa ke rumah sakit.

Penjaga pos pantai setempat mengatakan kepada RTE, papan paddleboard mereka terbuat dari karet, yang berarti angin akan mendorong mereka ke laut lebih cepat.

Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin mengatakan, dia menyambut baik berita penyelamatan ini “dengan sangat hangat”, dan mengapresiasi kerja layanan darurat serta kelompom relawan di seluruh negeri.(amt/kompas.com/foto:ilustrasi)