Angkasa Pura 2

Menperin: Industri Otomotif Ciptakan Satu Juta Lapangan Pekerjaan di Indonesia

Otomotif SDMSabtu, 15 Agustus 2020
F3B53E1F-5760-410D-963F-7C9026664332

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengakui saat ini industri otomotif menjadi salah satu sektor yang terdampak di masa pandemi Covid-19.

“Pandemi ini berdampak terhadap beberapa sektor perekonomian, termasuk industri otomotif. Sebagai mana kita ketahui industri otomotif menghadapi tekanan permintaan yg sangat besar, padahal industri otomotif merupakan sektor penting untuk perekonomian Nasional,” katanya.

Menperin juga menjabarkan bila industri otomotif mampu menyediakan lapangan pekerjaan yang sangat besar di Indonesia. Tercatat lebih dari satu juta pekerja berkontribusi di sektor ini.

“Sektor ini (otomotif) juga merupakan salah satu dari tujuh sektor prioritas. di semester satu tahun 2020, kinerja industri otomotif melambat dibandingkan tahun lalu, tentu ini dampak dari pandemi,” ujarnya.

Meski demikian, Agus Gumiwang yakin penjualan di semester kedua tahun ini akan mengalami perbaikan. Hal itu terlihat dari penjualan kendaraan yang mengalami peningkatan di pertengahan tahun 2020.

“Kita bisa melihat di dalam data bahwa penjualan sudah mulai meningkat. Kinerja ekspor tetap terjaga baik sehingga saya optimis, bahwa pemulihan ekonomi melalui sektor otomotif akan menunjukan perkembangan positif,” tuturnya. (dan/liputan6/foto: ilustrasi/ist)