Angkasa Pura 2

Balitbanghub Gelar FGD Kapal Negara Mendukung Konektivitas, Keamanan dan Keselamatan Pelayaran

Dermaga LitbangFriday, 28 August 2020

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) melaksanakan Focus Group Discussion bertema Kapal Negara Mendukung Konektivitas, Keamanan dan Keselamatan Pelayaran, Jumat (28/8/2020).

Diskusi, yang membahas tema yang strategis, ini dilaksanakan secara double track atau paralel yakni digelar langsung di Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta, serta diikuti secara online melalui aplikasi Zoom.

Kepala Pusat Transportasi Laut, Sungai, Danau dan Penyeberangan Balitbanghub I Nyoman Sukayadnya dalam laporannya menyebutkan diskusi, yang dibuka secara resmi Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono, ini menampilkan tiga pembicara utama.

Pertama, Direktur KPLP Ditjen Perhubungan Laut, Ahmad M, menyampaikan presentasi bertema Kebutuhan Kapal Negara untuk Mendukung Pengawasan Pelayaran dan Wilayah Indonesia.

Kedua, Kasubdit Rancang Bangun Kapal, Stabilitas dan Garis Muat Kapal Ditjen Perhubungan Laut, Muhammad Syaiful, dengan presentasi bertema Kebutuhan Standarisasi Desain Kapal Negara di Lingkungan Ditjen Perhubungan Laut.

Ketiga, Perencana Ahli Madya Transportasi Bappenas, Adi Perdana, menyajikan presentasi bertema Dukungan Perencanaan Dalam Pengadaan dan Pembangunan Kapal Negara.

Pembahas yakni Deputi Bidang Opslat/Dit Bakamla, Suwito, Kabid Antarmoda Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Balkis Kusumawati, serta Kepala Departemen Operasi Klas PT Biro Klasifikasi Indonesia, Arif Budi Permana.

Diskusi diikuti juga kalangan perguruan tinggi, pakar transportasi, dan dinas perhubungan dari sejumlah daerah. (awe).