Angkasa Pura 2

Dampak Corona, Emirates Airline Kembalikan Uang Penumpang Rp20 Triliun

KokpitSelasa, 8 September 2020
images - 2020-09-08T162825.576

DUBAI (BeritaTrans.com) – Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap berhentinya penerbangan global sejak awal tahun. Hal tersebut memaksa maskapai Emirates untuk menghentikan sebagian besar armadanya dan mengembalikan dana akibat pembatalan penerbangan atau refund hingga 1,4 miliar dolar AS atau lebih dari Rp20 triliun.

Maskapai yang berbasis di Dubai tersebut telah memproses lebih dari 1,4 juta pengembalian dana penumpang atas pembatalan tiket sejak Maret 2020. Sekarang, Emirates mengoperasikan sejumlah penerbangan terbatas pada rute yang telah dikurangi selama pandemi Covid-19 dan mulai diperbanyak secara bertahap pada Juni.

“Setelah maskapai memangkas jumlah pekerja dan gaji saat mencoba mengelola dampak krisis, kami telah mengembalikan lebih dari 517 juta dolar AS dalam dua bulan sebelumnya,” ujar juru bicara Emirates dikutip dari Reuters pada Selasa (8/9/2020).

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Dubai telah menyuntikkan dana sebesar 7,3 miliar dirham (Rp29,6 triliun) ke Emirates untuk membantu maskapai bertahan dari krisis. Sejak awal tahun, pemerintah setempat telah berkomitmen untuk memberikan dukungan finansial kepada maskapai penerbangan jarak jauh terbesar di dunia itu.

Sementara itu, maskapai penerbangan terbesar kedua di UEA, Etihad Airways juga tengah berjuang menghadapi dampak krisis. Untuk menarik minat penumpang, pihaknya akan menanggung biaya medis dan karantina bagi penumpang jika mereka tertular virus corona.

“Perlindungan tambahan ini tidak hanya untuk menarik minat penumpang saja, tetapi juga meyakinkan mereka bahwa kami melakukan semua yang kami bisa untuk menjaga mereka tetap aman dan terlindungi,” kata Wakil Presiden Etihad Biro Duncan. (lia/sumber:inews)