Angkasa Pura 2

Bill Gates Sebut Truk Tak Cocok Pakai Listrik, Elon Musk: Dia Tak Tahu Apa-Apa

OtomotifSenin, 14 September 2020
F0817B18-AA4C-47A2-AA7E-B6792FD8BE75

SAN FRANSISCO (BeritaTrans.com) – Founder & CEO Tesla, Elon Musk kembali menjadi sorotan di media sosial. Dia menyindir rekannya sesama miliader, Bill Gates soal kendaraan listrik.

Musk mengkritik Gates yang meragukan kemampuan listrik menghidupkan kendaraan besar seperti truk atau pesawat jet. Awalnya, pengguna Twitter @richardreinariv menanyakan Musk soal pendapat Bill Gates.

“Dia (Gates) tidak tahu apa-apa,” katanya lewat @elonmusk dikutip dari Business Insider, Senin (14/9/2020).

Lewat blog, Gates menguraikan pemikiran tentang kendaraan listrik. Dia menyebut, baterai yang lebih baik dan murah bisa menjadi solusi untuk pemilik mobil. Namun, dia ragu apakah teknologi baterai saat ini atau bahkan di masa depan dapat berkembang untuk kendaraan berbadan besar.

“Bahkan dengan terobosan besar dalam teknologi baterai, kendaraan listrik mungkin tidak akan pernah menjadi solusi praktis seperti pada kendaraan roda 18, kapal kargo, dan jet penumpang. Listrik mungkin hanya akan bekerja untuk kendaraan jarak pendek, dan akan berbeda jika digunakan untuk kendaraan berat dengan jarak jauh,” tulis Pendiri Microsoft tersebut.

Gates menyebut bahan bakar alternatif seperti biofuel atau elektrofuel bisa menjadi solusi yang lebih baik dan ramah lingkungan untuk kendaraan besar. Sementara baterai listrik yang besar dan berat tidak cocok untuk kendaraan jarak jauh.

Gates memuji sejumlah produsen mobil yang tengah mengerjakan truk listrik mulai dari GM hingga Ford. Namun, dia tak menyinggung Tesla yang tengah mengembangkan truk listrik.

Perseteruan tersebut bukan pertama kali terjadi di antara kedua orang terkaya di dunia itu. Gates pernah mengkritisi pandangan yang tidak akurat dari Musk tentang Covid-19.
Sedangkan Musk kecewa setelah Gates mengatakan kendaraan listrik yang pertama bukanlah Tesla, tetapi Porsche Taycan. (dan/inews)